Emotional Branding Dalam Strategi Pemasaran Kolaborasi : Studi Kasus Desain Kemasan Mizzu “Khong Guan Face Palette”

  • Monica Revias Purwa Kusuma Desain Komunikasi Visual, Fakultas Rekayasa Industri dan Desain, Institut Teknologi Telkom Purwokerto Jl.D.I Panjaitan No.128 Purwokerto, Indonesia
  • Aji Susanto Anom Purnomo Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: desain kemasan, mizzu kosmetik, emotional branding

Abstract

Di era internet marketing saat ini, pengambilan keputusan pembelian sebuah produk tidak hanya bergantung pada fungsinya saja. Faktor emosional dan nilai artistik juga memiliki peran didalam proses tersebut. Hal ini membutuhkan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif agar sebuah produk sukses dalam pemasarannya. Penelitian ini bertujuan memaparkan fenomena strategi pemasaran yang dilakukan oleh Mizzu Cosmetics sebagai alternatif dalam merencanakan sebuah strategi pemasaran. Strategi pemasaran tersebut adalah strategi pemasaran kolaborasi yang dilakukan oleh Mizzu Cosmetics bersama biskuit Khong Guan dalam produk “Khong Guan Face Palette”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif berlandaskan fenomenologis dengan teori utama desain kemasan dan ditunjang oleh teori emotional branding serta teori strategi pemasaran. Dari hasil penelitian didapat strategi pemasaran kolaborasi yang kreatif dan inovatif memanfaatkan aspek emotional branding dari sebuah produk yang ikonik. Biskuit Khong Guan yang sudah lebih dulu lekat di benak konsumen dengan parodi dan meme hilangnya sosok ayah memberikan nilai tambahan pada produk Mizzu Cosmetics dalam desain kemasannya serta rangkaian kampanye yang dilakukan

References

Acuan dari buku dengan satu, dua, dan tiga pengarang
Chandra, G. (2002), Strategi dan Program Pemasaran, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Faisal, S. (1992), Format-format Penelitian Sosial, Rajawali Press, Jakarta.

Klimchuk, M.R. (2007). Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan, Erlangga : Jakarta.

Kotler, P. (2017), Marketing for Competitiveness, Bentang Pustaka, Yogyakarta.

Pinandita, A. (2020), Rasa-Rasa Emotional Desain Grafis, Penerbit Lakeisha, Klaten.

Norman, D.A. (2004). Emotional Design : Why We Love (or Hate) Everyday Things, Basic Books, New York.

Robert, K.(2004). Lovemark : The Future Beyond Brands, Powerhouse Books, New York.

Acuan dari dokumen online (website/internet)
Tadda, A. (2015), 5 Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan. https://www.eureka.co.id/read/2/5-strategi-pemasaran-untuk-meningkatkan-penjualan.html.

https://www.instagram.com/mizzucosmetics/
https://mizzucosmetics.com/yuk-ikutan-mizzucaripapa/
Published
2020-09-14
How to Cite
Revias Purwa Kusuma, M., & Susanto Anom Purnomo, A. (2020). Emotional Branding Dalam Strategi Pemasaran Kolaborasi : Studi Kasus Desain Kemasan Mizzu “Khong Guan Face Palette”. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(3), 317-322. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i3.1126
Section
Articles