Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron

  • Wayan Paramartha Program Studi Pendidikan Agama Hindu, Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suka Yasa

Abstract

Pendidikan aguron-guron dikembangkan atas dua sub model. Model pertama dikembangkan dengan ideologi sakala ‘realis’ dengan tujuan Parartha ‘kesejahtraan’, yaitu agawe suka nikang rat ‘menjadikan siswa berkarakter dan dapat bekerja untuk kebahagiaan bersama di dunia (baca desa pakraman)’. Sedangkan yang kedua adalah ideologi  niskala ‘idealis’ dengan tujuan paramartha, yaitu matutur ikang atma ri jatinya ‘menjadikan siswa sadar akan jati dirinya, bahwa ia sesungguhnya adalah roh’ atau sinar Ilahi. Model pendidikan aguron-guron merupakan kearifan lokal yang menjungjung tinggi nilai-nilai keseimbangan dan harmonisasi. Oleh karena itu terus diperhatikan dan dikembangkan untuk memelihara karakter bangsa, membangun landasan teori pendidikan dan pembelajaran berbasis budaya. Penelitian ini merupakan tahun ke dua, yang bertujuan menghasilkan bahan ajar dan VCD sebagai media pendukung pembelajaran model pendidikan Hindu Bali tradisional aguron-guron serta menguji efektivitas bahan ajar dan media VCD model pendidikan Hindu Bali tradisional aguron-guron tersebut. Penelitian dilaksanakan di Pasraman Seruling Dewata Tabanan dan  Pasraman  Griya  Kekeran  Blahbatuh  Gianyar. Metode pengumpulan data digunakan wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi dan angket penilaian bahan ajar dan VCD. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif teknik prosentase dan kualitatif. Hasil uji ahli dan uji coba pengguna perorangan serta uji coba pengguna kelompok kecil terhadap produk yang dikembangkan berupa bahan ajar dan VCD mencakup materi Ilmu Silat Bali Kuno,Tapak Suci, Tattwa dan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Hindu  menunjukkan sangat layak dan masuk dalam kategori tidak perlu direvisi

References

Askovic, Ivana. 1997. Creating Modern Traditi-ons in Balinese Performing Arts. Makalah, disaji-kan pada bulan Agustus 1997 di Universitas Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Konferensi ini diselenggarakan oleh masyarakat untuk Bali Studi (Lembaga Pengkajian Budaya Bali).

Atmadja, Nengah Bawa, 2001. Reformasi ke arah kemajuan yang sempurna dan holistik: gagasan perkumpulan Sūrya Kānta tentang Bali di masa depan, Cet. 1, Surabaya: Paramita.

Bagus, Gusti Ngurah. 1995/1996. Beberapa per-masalahan sosial dalam perspektif Hindu Dharma: memperingati seratus tahun pidato Swami Vivekananda pada sidang parlemen agama-agama di Chicago. Denpasar: Upada Sastra

Djumhur, I dan Danasuparta. 1976. Sejarah Pendidikan. Bandung: CV Ilmu.

Geriya, I Wayan, 2000. Transformasi kebudaya-an Bali memasuki abad XXI. Cet 1. Denpasar: Dinas Kebudayaan Propinsi Bali

Geriya, I Wayan; Astra, I Gde Semadi, 2003. Pola partisipasi dan strategi perjuangan hak-hak komuniti lokal dalam pembangunan pariwisata di era multikultural (perspektif pariwisata budaya Bali). Universitas Udayana. Fakultas Sastra dan Budaya/Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana/In: Guratan budaya dalam perspektif multikultural.

Mantra, I. B. 1996. Landasan kebudayaan Bali. Denpasar: Yayasan Dharma Sastra.

Pudja, G. 2005, Bhagavad Gītā (Pañcamo Veda), Surabaya: Pāramita

Sedyawati, Edi. 1991. Sejarah Pendidikan di Indonesia sebelum Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisonal. Jakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Sharma, Mukunda Madhava. 1985. Unsur-unsur Bahasa Sanskerta dalam Bahasa Indonesia. Denpasar: Vyasa Sanggraha.

Subagia, I Wayan. 2001b. Peran “guru” dalam Pembangunan Pendidikan Ditinjau dari Konsep “Tri Guru.” IKIP Negeri Singaraja. Aneka Widya Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Edisi Khusus TH. XXXIV. Nopember 2001.

Subagia, I Wayan. 2003. Model Siklus Belajar Berdasarkan Konsep “Tripramana.” Orasi Ilmiah. Disampaikan dalam rangka Dies Natalis ke-3 IKIP Negeri Singaraja.

Sudharta, T. R. 1997. Slokantara: Untaian Ajaran Etika, Teks, Terjemahan dan Ulasan. Denpasar: Upada Sastra.

Sudharta, Tjok Rai, Ida Bagus Oka Punia Atmaja. 2001. Upadesa tentang Ajaran-Ajaran Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Published
2017-06-25
How to Cite
Paramartha, W., & Suka Yasa, I. W. (2017). Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.92
Section
Articles