Pengaruh Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa SMP Negeri 1 Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Wayan Paramartha Program Pascasarjana, Universitas Hindu Indonesia Denpasar
  • Ni Putu Suwardani Program Pascasarjana Universitas Hindu Indonesia Denpasar
  • Ni Luh Suryaningsih Program Pascasarjana, Universitas Hindu Indonesia Denpasar
Keywords: sistem zonasi penerimaan peserta didik baru, prestasi belajar pendidikan agama hindu

Abstract

Dalam pendidikan formal, tahapan awal untuk memulai jenjang pendidikan dilakukan melalui penerimaan peserta didik baru. Penerimaan pesertadidik baru adalah proses seleksi yang akan menentukan siswa yang diterima di suatu sekolah. Proses ini diharapkan dapat berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga bisa mendorong peningkatan akses layanan dan pemerataan pendidikan melalui sistem zonasi, terlepas dari kemampuan kognitif ataupun ekonomi yang rendah. Dalam  pelaksanaan  di lapangan, penerapan sistem zonasi ini mendapati berbagai persoalan diantaranya adanya kondisi peserta didik  yang diterima melalui sistem zonasi memiliki kemampuan kognitif dalam prestasi belajar yang cukup rendah dibandingkan peserta didik  yang diterima melalui jalur prestasi. Selama ini SMPN 1 Kota Denpasar dikenal sebagai salahsatu sekolah favorit yang menerima siswa baru berdasarkan nilai hasil ujian sekolah, prestasi akademik dan non akademik, serta tes tertulis. Makapara guru terbiasa menghadapi siswa dengan kemampuan kognitif dalam prestasi belajar yang cukup baik sehingga para guru mengalami kesulitan ketika menghadapi siswa dengan prestasi belajar  yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadap prestasi belajar siswa kelas VII  di SMPN 1  Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi 285 dengan penentuan jumlah sampel Krejcie dan Morgan taraf kepercayaan 95% berjumlah 158 responden. Pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase, statistik korelasional, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang negatif dan signifikan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadapprestasi belajar peserta didik kelas VII SMPN Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Terbukti hasil perhitungan analisis statistik korelasidiperoleh rxy  = 0,030 dengan   rtabel  = 0,159, maka rxy < rtabel. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana, diperoleh a =  81,268 dan b= -0,043, jadi Ŷ = 81,268 -0,043X.  Uji-t diperoleh thitung =-0,369, dengan ttabel =1,684. Karena nilai  -thitung < -ttabel, maka dapatdisimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh negatif terhadap variabel Y. Pada out put uji signifikansi dan linearitas persamaan  regresi diatas ternyata diperoleh nilai Sig. sebesar 0,713 lebih besar dari 0,05 sehingga tidak signifikan.

References

Amir, Almira. 2013. “Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Logaritma Vol. I, No.01 Januari 2013. Diakses pada http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi belajar. Jakarta : rineka cipta

Komara, Indra Bangkit. 2016 “Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa”. Psikopedagogia Universitas Ahmad Dahlan 2016. Vol. 5, No. 1 . Diakses pada http://journal.uad. ac. id/index.php

Muhibbin, Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018. Denpasar-Bali: Pemerintah Kota Denpasar, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali pers

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Suryabarata. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Thaib, Eva Nauli. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional, Jurnal Ilmiah Didaktika VOL. XIII, NO. 2, 384-399. Diakses pada http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php

Tobeli, Eva. 2010. “Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini”. Volume I edisi 1 April 2010. Diakses pada http://www.ejurnal. ukrimuniversity.ac.id/ file/P117.pdf

Ulfah, Asri. dkk. 2016. “Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online”. Diakses pada http:// pasca.um.ac.id/conferences/ index.php

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003.
Published
2020-09-09
How to Cite
Paramartha, W., Suwardani, N. P., & Suryaningsih, N. L. (2020). Pengaruh Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa SMP Negeri 1 Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(3), 283-295. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i3.1102
Section
Articles