Metafora Baru dalam Seni Lukis Kontemporer Berbasis Ikonografi Relief Yeh Pulu

  • I Wayan Adnyana Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar
  • Anak Agung Gede Rai Remawa Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar
  • Ni Luh Desi In Diana Sari Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar
Keywords: relief yeh pulu, ikonologi, metafora baru, tiga pendekatan estetik

Abstract

Artikel ini merupakan luaran penelitian terapan tahun ketiga, bertujuan untuk mengungkap penciptaan seni lukis kontemporer berbasis ikonografi relief Yeh Pulu. Penciptaan seni lukis dilakukan melalui dua tahap: analisis ikonografi untuk menemukan konsep, dan tahap penciptaan karya. Tahap analisis menggunakan teori ikonologi Panofsky melalui tiga tingkatan analisis: pra-ikonografi, analisis ikonografi, dan analisis ikonologi. Artikel ini mengedepankan pada analisis (interpretasi) ikonologis untuk menginvestigasi makna dari motif, simbol, dan alegori atas konteks budaya yang melekat pada objek analisis (D’Alleva, 2005). Interpretasi ini menemukan konsep metafora baru, yakni kepahlawanan orang-orang biasa. Pada praktik penciptaan seni lukis kontemporer, metafora dibentuk dengan tiga pendekatan estetik, yakni pembingkaian ulang, perombakan ulang, dan pemindahan ke ruang atau lokus global kontemporer. Artinya, figur ikonik relief Yeh Pulu dibingkai ulang dalam ruang lanskap baru, memindahkan yang kuno ke dalam konteks tata kehidupan masa kini, termasuk mobilitas pada ruang-ruang global.

References

Adnyana, I Wayan. 2017b, Ikonografi Kepahlwananan Relief Yeh Pulu (Penelitian, Penciptaan, dan Penyajian Seni Lukis Kontemporer): Buku Ajar, Penerbit Arti, Denpasar.

________________. 2018, “Tiger-Hunting Scence on Yeh Pulu Relief in Bali. Romanticism of People’s Heroism in the Study of Iconology”, Cultura. International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, Vol. 15/1.

________________. 2018b, Multinarasi Relief Yeh Pulu. Tujuh Pendekatan Artistik Seni Lukis Kontemporer: Buku Ajar, Penerbit Arti, Denpasar.

Adnyana, I Wayan., Anak Agung Gde Rai Remawa, dan Luh Desi In Diana Sari, 2018, “Multinarasi Relief Yeh Pulu, Basis Penciptaan Seni Lukis Kontemporer”, Mudra Jurnal Seni Budaya, Volume 33, Nomor 2, Mei, Pusat Penerbitan, ISI Denpasar.

D’Alleva, Anne. 2005, Methods Theories of Art History, Laurence King Publishing, London.

Leavy, Patricia. 2015, Method Meets Art. Arts-Based Research Practice (Second Edition), Guilford Press, New York.

Marriner, Robin. 2017, “Visual Culture and Contemporary Art: Reframing the Picture, Recasting the Object?”, dalam The Handbook of Visual Cuture, editor Ian Heywood dan Barry Sandywell, Bloomsbury, London dan New York.

Panofsky, Erwin. 1971, Studies in Iconology, Icon Edition, Colorado.

Sullivan, Graeme. 2005, Art Practice as Research, Sage Publication, London.

Surette, Leon. 1987, “Metaphor and Metonymy: Jakobson Reconsidered”, University of Toronto Quarterly, Volume 56, Number 4, Summer.
Published
2019-05-23
How to Cite
Adnyana, I. W., Rai Remawa, A. A. G., & Desi In Diana Sari, N. L. (2019). Metafora Baru dalam Seni Lukis Kontemporer Berbasis Ikonografi Relief Yeh Pulu. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(2), 223-229. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/704
Section
Articles