Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai

  • Wegig Widiyatmika Universitas Sebelas Maret
  • Edy Tri Sulistyo Universitas Sebelas Maret
  • Sugeng Nugroho Universitas Sebelas Maret
Keywords: nilai pendidikan karakter, pembentukan karakter film

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidikan karakter dalam film Sang Kiai sebagai pembangunan karakter untuk media pembelajaran yang relevan. Sumber data diperoleh dengan mengamati cerita dari film Sang Kiai secara langsung. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan ulasan dokumen atau mendengarkan dan mempelajari literatur. Analisis data menggunakan teori sinematografi dengan mengamati adegan dan dialog dalam film Kiai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada nilai-nilai pendidikan karakter yang disampaikan melalui adegan dalam film. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Sang Kiai dapat dipahami dari dialog dan adegan yang dimainkan oleh para pemain. Film Sang Kiai berisi 8 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film ini termasuk agama, disiplin, kerja keras, demokratis, rasa ingin tahu, semangat nasional, penghargaan terhadap prestasi, persahabatan / komunikatif yang tercermin dalam setiap adegan dalam film “The Kiai”. Film Kiai berisi nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan sebagai pembangunan karakter. Film ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang bertujuan pembentukan karakter.

References

Baksin, Askurifai. Videografi Operasi Kamera & Teknik Pengambilan gambar. Bandung: Penerbit Widya Pedjadjaran.2009.

Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2012

Hasbullah.2001, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hadari Nawawi. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM.

Haryono, Timbul. Seni Pertunjukkan Seni Rupa Dalam Prespektif Arkeologi Seni. (Surakarta. ISI Press Solo) 2008.

Kusnadi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa:Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Littlejohn, S.W., dan Foss, K.A. 2005. Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

McQuail, Dennis. 1987. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edisi Kedua. Terjemahan oleh Agus Dharma & Aminuddin Ram. 1994. Jakarta: Erlangga.

Miles, Mattehhew B. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : PUI.2007

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Masfil. Don Livingston Film And The Director, Jakarta. Yayasan Artis Film.1969/1980.

Pratista, Himawan. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka. 2008

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.2012.

Sani, Asrul. Cara Menilai Sebuah Film. Jakarta: Yayasan Citra.1992.

Soleh, M. (2005). Politik pendidikan:Membangun sumber daya bangsa dengan peningkatan kualitas pendidikan. Jakarta: Institute for Public Education (IPE), Penerbit Grafindo Khazanah Ilmu.

Soleh, M. (2007). Cita-cita realita pendidikan: pemiiran dan aksi pendidikan di Indonesia. Jakarta: Institute for Public Education (IPE).

Sumordjo, Jakob. Estetika Paradoks. Bandung: Sunan Ambu Press.2006.

Sumarno, Marselli. Dasar-dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT Grasindo. 1996.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta. 2013

Wibowo, Fred. Dasar-dasar Produksi Program Televisi. Jakarta: Grasindo.1997.

Depdikbud.1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Lexy J. Moleong. 1988. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Patton M.C. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Soedarsono.1990. Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: MSPI.

http://filmsangkiai.com/

https://griyawardani.wordpress.com/2011/05/19/nilai-nilai-pendidikan/
Published
2019-02-13
How to Cite
Widiyatmika, W., Sulistyo, E., & Nugroho, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 73-79. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.639
Section
Articles