Aplikasi Teknologi Augmented Reality dalam Meningkatkan Kuantitas Konten Caption display Koleksi Artefak Etnografi Museum Panji

Aplikasi Teknologi Augmented Reality dalam Meningkatkan Kuantitas Konten Caption display Koleksi Artefak Etnografi Museum Panji

Authors

  • Jonathan Pramana Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni & Desain, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya, 60236
  • Deny Tri Ardianto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa & Desain, Universitas Negeri Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta, 57126
  • Erandaru Erandaru Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni & Desain, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya, 60236

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1470

Keywords:

augmented reality, museum captions, media interaktif

Abstract

Museum masa kini memiliki salah satu fungsi sebagai sumber pengetahuan yang relevan dengan artefak yang ditampilkan. Caption yang menyertai artefak merupakan salah satu media yang sering digunakan museum dalam memenuhi fungsi tersebut, tetapi karakter fisik dari caption menjadi keterbatasan dalam mengkomunikasikan materi secara lebih terinci dan kurang mampu membentuk relasi interaktif dengan pengunjung, sehingga informasi yang ditampilkan kurang berfungsi optimal sebagai pengetahuan. Teknologi Augmented reality (AR) memungkinkan tersajinya konten multimedia melalui berbagai modalitas komunikasi dan meningkatkan kuantitas dan kualitas informasi. Tetapi di sisi yang lain, aplikasi teknologi ini juga membutuhkan teknis pendekatan komunikasi yang berbeda dibanding media cetak. Karakter teknologi ini memungkinkan hadirnya interaksi yang dapat digunakan sebagai strategi gamifikasi sebagai usaha untuk membangun kedekatan emosional dan relevansi antara pengunjung dan artefak, sehingga informasi yang disajikan dapat bermanfaat sebagai sumber pengetahuan bagi pengunjung. Artikel ini memaparkan permasalahan caption display pada artefak koleksi etnografi Museum Panji berdasar temuan penelitian dengan metode deskriptif, serta menawarkan pendekatan solusi permasalahan melalui integrasi teknologi augmented reality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akaibara. (2017). Museum Panji yang Bertaraf Internasional Ada di Tumpang. Retrieved December 12, 2017, from https://ngalam.co/2017/04/28/museum-panji-bertaraf-internasional-ada-tumpang

Carmigniani, J. and Furht, B. (2011). Augmented Reality: An Overview. Handbook of Augmented Reality. Springer.

Hollerer, T. and Schmalstieg, D. (2016, June 10). Introduction to Augmented reality. Retrieved February 06, 2018, from http://www.informit.com/articles/article.aspx?p=2516729

Kenney, K. (2008, November 13). Writing Exhibit Labels - Museum Professional Forum, News, Jobs, Articles, Books. Retrieved March 20, 2018, from https://web.archieved.org/web/20110430212508/ http://www.museumprofessionals.org/forum/member-articles/2424-writing-exhibit-labels.html

McTavish, L. (2013). Defining the Modern Museum: A Case Study of the Challenges of Exchange. Toronto: University of Toronto Press.

Silvia, R., Oliveira, J. C., & Giraldi, G. A. (2003). Introduction to Augmented reality. 1-11. Retrieved March 20, 2018, from lncc.br/~jauvane/papers/RelatorioTecnicoLNCC-2503.pdf.

Downloads

Published

11-06-2021

How to Cite

Pramana, J. ., Ardianto, D. T. ., & Erandaru, E. (2021). Aplikasi Teknologi Augmented Reality dalam Meningkatkan Kuantitas Konten Caption display Koleksi Artefak Etnografi Museum Panji. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 214–221. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1470

Issue

Section

Articles
Loading...