Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Rajapala

  • Ni Nyoman Karmini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP Saraswati
Keywords: pendidikan karakter, cerita rakyat, rajapala

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam cerita rakyat Rajapala. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dengan teknik catat. Data dianalisis dengan metode hermeneutika dan verstehen. Hasil penelitiannya, pendidikan karakter yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional terkandung dalam cerita rakyat Rajapala. Dari penelitian ini diperoleh dua temuan. Pertama, memiliki karakter yang baik akan dijadikan panutan dan dihargai oleh orang lain. Kedua, generasi muda yang mandiri, disiplin, kerja keras, kreatif, tanggung jawab serta arif bijaksana tentu mencapai prestasi puncak, dihargai dan dihormati oleh orang lain (seperti tokoh Durma dalam cerita). Hasil penelitian disajikan secara deskriptif dengan teknik induktif-deduktif.

References

Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombnasinya dalam Penelitian Psikologi: Suatu uraian singkat dan contoh berbagai tipe penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Danandjaya, James. 1997. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
https://www.dosenpendidikan.co.id/cerita-rakyat/ diakses pada tgl. 26 Juli 2019.

https://www.scribd.com/document/359732379/Cerita-Bali https://panbelog.wordpress.com/2014/04/11/rajapala/ diakses tgl. 27 Juni 2019

Martono. 2012. Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Denpasar: Pustaka Larasan bekerja sama dengan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha.

Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik & Praktik. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Ratna, I Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruahliah. 2012. Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter.

Prosiding Konferensi Internasional Budaya Daerah ke-2 (KIBD-II). Denpasar: Pustaka Larasan bekerja sama dengan IKIP PGRI BALI dan IKADBUDI.

Sriasih, Sang Ayu Putra. Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter. Prosiding Konferensi Internasional Budaya Daerah ke-2 (KIBD-II). Denpasar: Pustaka Larasan bekerja sama dengan IKIP PGRI BALI dan IKADBUDI

Widera, I Ketut. 2013. “Model pendidikan karakter dalam Gaguritan Dreman”. Tesis. Denpasar: Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri
Published
2020-04-14
How to Cite
Karmini, N. N. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Rajapala. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(1), 22-29. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i1.994
Section
Articles