Diversifikasi Bahan dan Teknik Penciptaan Perhiasan Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Hidup Masyarakat di Era Postmodern

  • I Ketut Sidaarsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari bahan baku baru yang dapat digunakan untuk memproduksi perhiasan. Pada konteks ini, diversifikasi bahan baku perhiasan dengan menggunakan kuningan telah menghasilkan perhiasan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam menciptakan produk kerajinan berupa perhiasan, ada tiga tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yakni tahap eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Observasi lapangan dan eksperimen terhadap bahan baku dilakukan dengan tujuan mengetahui kebutuhan konsumen serta campuran yang tepat untuk menghasilkan perhiasan yang berkualitas. Harga perhiasan berbahan baku kuningan yang murah akhirnya menjadi pilihan bagi masyarakat, tidak saja masyarakat kelas menengah ke bawah, tetapi kelas atas pun menyukainya. Pada penelitian ini juga dipelajari jenis—jenis perhiasan yang beredar di pasaran serta yang paling diminati oleh konsumen. Berdasarkan temuan di lapangan, perhiasan jenis bros paling laris karena selain bentuknya yang relatif menonjoljuga karena aman karena tidak tersentuh kulit, dalam hal ini bros di pasang di baju. Memahami tingginya permintaan konsumen terhadap perhiasan berbahan baku kuningan, membuat pengrajin emas dan perak kini memproduksi perhiasan berbahan baku kuningan dengan teknik casting. Bahkan limbah kuningan yang di campur dengan kuningan murni pun bisa menghasilkan kualitas perhiasan yang bagus dengan campuran 1:10. Dengan demikian diversifikasiperhiasan berbahan baku kuningan tidak saja memberikan keuntungan bagi produsen, tetapi juga memberi kesempatan bagi masyarakat untuk bergaya serta limbah kuningan yang diolah menjadi perhiasan dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari logam.

References

Adian, Donny Gahral. (2005), Percik Pemikiran Kontemporer, tanpa penerbit, Yogyakarta.

Chaney, David. (2009), Lifestyle, Sebuah Pengantar Komprehensl)’, J alasutra, Bandung.

Pambudy, Ninuk Mardiana. (2012), “Gaya Hidup Suka Mengonsumsi dan Meniru: Beranikah Berinovasi ?” dalam Prisma, LP3ES, Yogyakarta.

Pilliang, YasrafAmir. (2006), “lmagologi dan Gaya Hidup: Membingkai Tanda dan Dunia”, dalam prisma, LP3ES, Yogyakarta

Alfathri Aldin, Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas, Jalasutra, Bandung.

Suyanto, Bagong. (2013), Sosiologi Ekonomi Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post Modernisme, Prenada Media Group, Jakarta.

Widana, I Gusti Ketut. (2011), Menyoroti Etika Umat Hindu: Ke Pura Berpenampilan Selebritis, Pustaka Bali Post, Denpasar.

Published
2017-04-12
How to Cite
Sidaarsa, I. K. (2017). Diversifikasi Bahan dan Teknik Penciptaan Perhiasan Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Hidup Masyarakat di Era Postmodern. Mudra Jurnal Seni Budaya, 31(2). https://doi.org/10.31091/mudra.v31i2.33
Section
Articles