Cultural Value In The Making Of Brunei Ethnic Traditional Cake In Sabah

Cultural Value In The Making Of Brunei Ethnic Traditional Cake In Sabah

Authors

  • Surayah Hj Bungsu Universiti Malaysia Sabah, SMK Weston Beaufort.
  • Humin Jusilin Universiti Malaysia Sabah

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1579

Keywords:

etnis brunei, nilai budaya, manufaktur, identitas, kue tradisional

Abstract

Sabah memiliki lebih dari 35 etnis atau ras yang mendasari keragaman adat dan budaya, sehingga menciptakan keunikan dan kompleksitas identitas, budaya, filosofi dan pemikiran masing-masing etnis. Masyarakat Brunei dalam penelitian ini terkenal dengan kue tradisionalnya dalam berbagai rupa, bentuk dan rasa yang diwariskan secara turun temurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai budaya etnis Brunei dalam pembuatan kue tradisional yang mencerminkan identitas etnis Brunei. Pengetahuan dan keterampilan lokal dari aspek pembuatan kue tradisional etnis Brunei merupakan bagian dari filosofi dan pemikiran kreatif yang secara tidak langsung menjadi identitas dan identitas budaya yang perlu dikaji. Lokasi penelitian ini melibatkan dua desa etnis Brunei yaitu di Kampung Lubuk dan Kampung Weston yang terletak di distrik Beaufort, Sabah. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan yang diperkenalkan oleh Edmund Burke Feldman (1967). Pendekatan ini menyarankan empat tingkat analisis yaitu: Tingkat Deskriptif, Analisis Formal, Interpretasi dan Evaluasi. Setiap elemen seperti teknik pembuatan, bahan dan tampilan kue tradisional akan dibahas sesuai dengan tingkat yang diusulkan untuk menjelaskan nilai adat dan budaya etnis Brunei di Distrik Beaufort. Studi lapangan kualitatif ini menggunakan data penelitian berupa wawancara, observasi dan keterlibatan partisipatif oleh peneliti. Informan dipilih berdasarkan keahlian dan pengalaman mereka dalam membuat kue tradisional serta pengetahuan mereka tentang adat istiadat dan upacara budaya etnis Brunei. Penelitian ini menemukan bahwa pembuatan kue tradisional etnis Brunei menampilkan nilai-nilai budaya yang menjadi identitas etnis Brunei yang perlu dilestarikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Efendi,SMP Negeri 1 Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Emplementasi kearifan Budaya Lokal Pada masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. http://journal.uinjkt.ac.id/index. php/ SOSIO-FITK/issue/view/222.

Chua Yan Piaw.(2006). Kaedah Penyelidikan. Malaysia. Kuala Lumpur. McGraw-Hill.

Halina Sendera Mohd Yakin. 2017. Pengaruh Budaya dan Islam dalam Evolusi Adat dan Ritual Kematian Komuniti Bajau. The Influence of Traditional Culture and Islam in Evolutionary Transformation of Death Customs and Rituals among Bajau Community. Jurnal Akademika 87(3), Oktober 2017:31-46. UMS.

Ismail Haji Ibrahim, Jane Wong Kon Ling. 2002. Warisan Seni Etnik Sabah. Kota Kinabalu: Pusat Penataran Ilmu dan Bahasa, Universiti Malaysia Sabah.

Ismail Mat Zin Mat Kib. 2002. Kumpulan Etnik Di Sabah:Sejarah dan Perkembangannya. Kota Kinabalu. UMS.

Junior Kimwah, Hj Baharudin bin Mohd Arus, Hannah Kong Nyuk Fun, Arnold Isaac Kimjik, Nazri Mambut.Tinjauan Awal terhadap Lukisan Gua Kain Hitam (THE PAINTED CAVE) Niah, SARAWAK INITIAL OBSERVATION OF CAVE PAINTING AT GUA KAIN HITAM IN NIAH, Sarawak. Gendang Alam, Jilid 8, 2018.

Jurnal Kinabalu V(1999) 51-82. Maspari Journal, 2013, 5 (1), 16-21 Aktivitas Antioksidan Daun dan Biji Buah Nipah (Nypa fruticans) Asal Pesisir Banyuasin Sumatera Selatan Dengan Metode DPPH.

Jurnal Wacan Sarjana Jilid 2(1) Mac 2018: 1-171.Borneo International Journal eISSN 2636-9826; Vol. 1 (3); 2019; 1-11.

Halena Sendera Mohd Yakin. 2015. Adat Kematian Masyarakat Borneo dan Asia: Satu TinjauanPerbandingan dari Aspek Budaya dan Pendekatan Kajian. MANU jurnal Bil 22, 47-60.

Karta Jayadi. 2014. Kebudayaan Lokal Sebagai Sumber Inspirasi. (Tinjauan Atropologi Visual pada Pelukis di Kota Makassar). Jurnal Seni Budaya. GELAR. Volume 12 Nomor 2, 2014. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Indonesia. UI-Press) Muhammad Afandi Yahya.(1995). Simbolisme Dalam Seni Bina Rumah Melayu. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa dan Pustaka, Kementerian Pendidikan, Malaysia.

Mohd. Johari AB. Hamid.. (Eds.) (2006). Metodologi Pendidikan Seni Visual. UPSI. Tanjung Malim

Proceeding International Seminar. Warisan Nusantara 2012 Indonesia. Universitas Negeri Semarang dan Universiti Malaysia Sabah.

Mok Soon Sang.(2010). Literatur dan kaedah Penyelidikan. Selangor. Penerbitan Multimedia Sdn. Bhd.

Rosnani Md Zain & Nik Rafidah Nik Muahamad Affendi. Masyarakat Nusantara Dalam Budaya:Warisan dan Sejarah (penerbit USM). (Malaysian Journal of Society and Space 11 issue 12 (112 - 128). MANU Bil. 30, 189-212, 2019 (Disember)E-ISSN 2590-4086©.

Saat Awang Damit. 2015. Sejarah dan Kesenian Masyarakat Brunei Sabah. Kuala Lumpur. Jabatan Muzium Malaysia.

Saidatul Nornis Hj Mahali. 2013. Nilai dan Norma Masyarakat di Sabah. Penerbitan Universiti Malaysia Sabah. Kota Kinabalu.

Jacqueline Pugh-Kitingan. 2016. Kadazan Dusun. Kota Kinabalu: Universiti Malaysia Sabah.

Joisin Romut, Hamra@Amrah Haji Liwangsa, Denis J. Sading. 2011. Inventori Budaya Etnik Negeri Sabah. Etnik Orang Sungai Buludupi. Kota Kinabalu: Lembaga Kebudayaan Negeri Sabah.

Joisin Romut, Denis J. Sading, Flora Iban. 2013. Inventori Budaya Etnik Negeri Sabah. Etnik Momogun Rungus. Kota Kinabalu: Lembaga Kebudayaan Negeri Sabah. Kementerian Pelancongan, Kebudayaan dan Alam Sekitar.

Joisin Romut, Denis J. Sading, Fiona Jamiyan. 2016. Inventori Budaya Etnik Negeri Sabah. Etnik Lundayeh. Kota Kinabalu: Lembaga Kebudayaan Negeri Sabah. Kementerian Pelancongan, Kebudayaan dan Alam Sekitar.

Kntayya Mariappan, Paul Porodong. 2012. Murut dan pelbagai etnik kecil lain di Sabah, penyunting ITBM. Kota Kinabalu: UMS.

Low Kok On et., al. 2018. Persidangan Antarabangsa Sejarah, Warisan dan Folklor Nusantara. Kota Kinabalu: UMS.

Masni Haji Ahmad. 2010. Kuih Tradisi Brunei Kalupis Kedayan. Brunei Darus Salam: DBPB.

Maruwiah Ahmat. 2012. Siri Budaya Warisan Malaysia. Makanan Tradisional. Shah Alam: Get Smart Publication Sdn. Bhd.

Mardhiah Mustafa. 2013. Siri Warisan Kebangsaan. Makanan dan Pakaian. Selangor Darul Ehsan: Mega Publications.

Md. Saffie Abd. Rahim, Sabihah Osman & Ramzah Dambul. 2012. Bajau Pantai Timur. Kota Kinabalu: Universiti Malaysia Sabah.

Peranan Perempuan Dalam Pembangunan Masyarakat Desa/Jurnal Politico, Vol 6, No 1 (2017). (Campbell, 1997)

Saat Awang Damit. 2015. Sejarah dan Kesenian Masyarakat Brunei Sabah. Kuala Lumpur: Jabatan Muzium Malaysia.

Saidatul Nornis Hj Mahali. 2013. Nilai dan Norma Masyarakat di Sabah. Kota Kinabalu: Universiti Malaysia Sabah.

Suhaibah Abdul Mutalib. 2012. Makanan Tradisi Masyarakat Melayu. Selangor: Zifad Enterprise.

Surayah Hj Bungsu, Musnin Misdih dan Dg Damit. 2019. Identiti Budaya: Dalam Konteks Kuih-Muih Tradisional Etnik Brunei Di Sabah. SABAH CULTURAL IDENTITY:IN THE CONTEXT OF SABAH BRUNEI ETHNIC TRADITIONAL KUIH. Journal of Borneo Social Transformation Studies (JOBSTS), Vol. 5. No. 1, 2019 ISSN 2462-2095 Universiti Malaysia Sabah.

Downloads

Published

03-08-2021

How to Cite

Bungsu, S. H. ., & Jusilin, H. . (2021). Cultural Value In The Making Of Brunei Ethnic Traditional Cake In Sabah. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 326–333. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1579

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Loading...