Konsep Musik Kolosal Ngider Bhuwana Sebuah Transformasi Ritual Ngrebeg Kuningan di Kota Bangli

Konsep Musik Kolosal Ngider Bhuwana Sebuah Transformasi Ritual Ngrebeg Kuningan di Kota Bangli

Authors

  • I Ketut Garwa Program Studi Pascasarjana S3 Institut Seni Indonesia Denpasar, Jalan Nusa Indah, 80235

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1581

Keywords:

Ngrebeg, Ngider Bhuwana, Kolosal, Eksperimental

Abstract

Konsep Karya Musik  Kolosal Ngider Bhuwana Sebuah Transformasi Ritual Ngrebeg Kuningan Di Kota Bangli, terinspirasi dari sebuah prosesi ritual Ngrebeg Kuningan. Prosesi ritual ini dilaksanakan di catus pata bertujuan untuk menetralisir alam semesta baik vertikal (niskala /gaib) maupun horizontal (sekala/nyata). Ada tiga ide garapan yang diwujudkan dari penciptaan karya ini antara lain: 1) Bagaimana proses penciptaan Karya Musik Kolosal Ngider Bhuwana sebagai transformasi ritual ngrebeg di Kota Bangli? 2) Bagaimana wujud Karya Musik Kolosal Ngider Bhuwana sebagai sebuah transformasi ritual ngrebeg di Kota Bangli? 3) Pesan-pesan apa yang dapat disampaikan melalui ide-ide kreatif ke dalam Karya Musik Kolosal Ngider Bhuwana?. Adapun konsep-konsep dalam perwujudan karya ini antara lain: 1) Wujud karya diimplementasikan melalui media ungkap gamelan, musikalitas teks karya, dan tata penyajiannya dalam bentuk karya kolosal eksperimental, 2) Penciptaan karya ini melalui proses interpretasi, transformasi dan restrukturisasi dari nada-nada  pengider bhuwana khususnya Panca Dewata, nilai/neptu/urip arah mata angin: timur, selatan, barat, utara dan tengah dan Teologi Hindu Saguna Brahma. 3) Karya ini mempergunakan metodologi penciptaan seni Panca Sthiti Ngawe Sani yaitu lima tahapan penciptaan karya seni antara lain: tahap inspirasi/ngawirasa, eksplorasi/ngawacak, konsepsi/ngarencana, eksekusi /ngewangun dan produksi/ngebah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandem, I Made. 1986, Prakempa Sebuah Lontar Gam-belan Bali. (Terjemahan), Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia Denpasar.

Dhaksa Dharminta, Ida Pandita Mpu Siwa-Bhudda. 2011, Filsafat Rsigana Penciptaan Dunia-Alam Semesta. Denpasar : Pustaka Bali Post.

Dibia, I Wayan. 2020. Panca Sthiti Ngawi Sani Metodelogi Penciptaan Seni. Denpasar: BP ISI Denpasar.

Dieter Mack. 2001. Musik Kontemporer & Persoalan Interkultural. Bandung: Artiline.

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia bekerja sama dengan Arti.

Donder, I Ketut. 2005. Esensi Gamelan dalam Prosesi Ritual Hindu Perspektif Filosofis – Teologis, Psikologis, Sosiologis, dan Sains. Surabaya : Paramita.

Garwa, I Ketut. 2006.“Skin Rhythm: Sebuah Karya Musik Kontemporer”. Denpasar: Bheri Jurnal ilmiah Musik Nusantara, Volume 5 No. 1 September.

Ghiselin, Brewster. 1985, The Creative Process: Reflec-tions on Invention in the Arts and Sciences, California : University of California Press; F First Paperback Edision Used edition.

Hastanto, Sri. 1991. “Karawitan Serba Serbi Karya Cipta-annya”, Seni Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni, 1/01-MEI, Hal:71.

Indra Wirawan, K. (2021). Teo-Estetika-Filosofis Topeng Sidakarya Dalam Praktik Keberagamaan Hindu Di Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 230–236. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1283

Kutha Ratna, Nyoman. 2015. Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Santosa, H., Kustiyanti, D., & Arya Satyani, I. A. W. (2021). Jejak Seni Pertunjukan Bali Kuna Dalam Karya Kesusastraan Usana Bali Mayantaka Carita. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 179–185. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1247

Sudewi, N. N., Dana, I. W., & Cau Arsana, I. N. (2019). Legong Dan Kebyar Strategi Kreatif Penciptaan Tari. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(3), 285–290. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.784

Sudirga, I Komang dkk, 2016. “Data Seni Pertunjukan Kecamatan Susut, Bangli, dan Tembuku Kabupaten Bangli Provinsi Bali”, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Seni Indonesia Denpasar dengan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bangli.

Sugiartha, I Gede Arya. 2012. Kreativitas Musik Bali Gara-pan Baru Perspektif Cultural Studies. Denpasar: Institut Seni Indonesia UPT Penerbitan.

Sunarto, Bambang. 2013. Epistimologi Penciptaan Seni. Yogyakarta : Idea Press.

Sunarto, Bambang. 2014. Ontology Of Sangeet and Gamelan Music. Yogyakarta : CV Idea Sejahtera.

Sukerta, Pande Made. 2009. Esiklopedi Karawitan Bali.Surakarta. Surakarta: Edisi Kedua ISI Press Solo Jebres.

Yandianto. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ban-dung: Percetakan Bandung.

Downloads

Published

03-08-2021

How to Cite

Garwa, I. K. . (2021). Konsep Musik Kolosal Ngider Bhuwana Sebuah Transformasi Ritual Ngrebeg Kuningan di Kota Bangli. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 386–395. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1581

Issue

Section

Articles
Loading...