Makna Simbolik Tabu Pertunjukan Wayang Kulit Di Purbalingga, Karesidenan Banyumas, Jawa Tengah

Makna Simbolik Tabu Pertunjukan Wayang Kulit Di Purbalingga, Karesidenan Banyumas, Jawa Tengah

Authors

  • Sugeng Priyadi Jurusan Pedalangan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v20i1.1514

Keywords:

Tabu pertunjukan wayang kulit, sakral

Abstract

The taboo of leather puppet show in the rural community of Purbalingga shows a plurality of socio-culture laying on the puppet myth that has changed into local legend. The myth said that Purbalingga is the region of Kurawa. This belief leads to such social conflicts as cultural conflict, marriage conflict, spiritual conflict, and ethic conflict. These conflicts are so obviously seen in the area. The cultural conflicts have triggered the taboo of puppet show in the rural area of Purbalingga. The taboo can be perceived as the phenomena of 1) a violence ang regret to the local puppet legend making some story sacral and taboo to perform, 2) a knight ascetics having some different meanings. Arjuna lived as an ascetic to get a weapon and a glory in the battle, while Yudhistira did that to achieve ultimate nobility in life, and 3) an ethic violation concerned with the characters, of puppet in the legend of Ramayana and Mahabarata, that are regarded as the ancestors of Purbalingga community.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Benedict R.O’G. 2000. Mitologi dan Toleransi Orang Jawa. Yogyakarta: Qalam.

Berg, C.C. 1985. Penulisan Sejarah Jawa. Jakarta: Bhratara Karya Aksara. Carey, Peter. 1986. Ekologi Kebudayaan Jawa & Kitab Kedung Kebo. Jakarta: Pustaka Azet.

Ciptoprawiro, Abdullah. 1986. Filsafat Jawa. Jakarta: Balai Pustaka. Danandjaja, James. 1985. “Mengumpulkan Folklore Bali Aga di Trunyan,” dalam Koentjaraningrat & Donald D. Emmerson. Aspek Manusia dalam Penelitian Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia- Gramedia.

Geertz, Clifford. 1989. Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Jaya.

Kartodirdjo, Sartono. 1986. “Suatu Tinjauan Fenemenologis tentang Folklore Jawa,” dalam Soedarsono (ed). Kesenian, Bahasa, dan Folklor Jawa. Yogyakarta: Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Laksono, P.M. 1985. Tradisi dalam Struktur Masyarakat Jawa: Kerajaan dan Pedesaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mochtar, Kustiniyati. 1982. “Pak Sultan dari Masa ke Masa,” dalam Mohammad Roem, dkk. Tahta untuk Rakyat: Celah-celah Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX. Jakarta: Gramedia.

Moertono,Soemarsaid. 1985. Negara dan Usaha Bina-Negara di Jawa Masa Lampau: Studi tentang Masa Mataram II, Abad XVI sampai XIX. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mulyono, Sri. 1982a. Wayang: Asal-usul, Filsafat, dan Masa Depannya. Jakarta: Gunung Agung.

_____1982b. Apa dan Siapa Semar. Jakarta: Gunung Agung.

_____1983a. Wayang dan Karakter Manusia. Jakarta: Gunung Agung.

_____1983b. Wayang dan Karakter Wanita. Jakarta: Gunung Agung. Notosusanto, Nugroho. 1978. Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer. Jakarta: Idayu.

Nugroho, Akhmad. 2001. “Kekerasan Pasca Baratayuda,” dalam Sumijati As. Manusia dan Dinamika Budaya dari Kekerasan sampai Baratayuda. Yogyakarta: Fakultas Sastra UGM-Bigraf Publishing. Poedjosoebroto. 1978. Wayang Lambang Ajaran Islam. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pontjosutirto, Sulardjo. 1985. “Upacara Ruwat di Jawa,” dalam Koentjaraningrat. Ritus Peralihan di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwasito, Andrik. 2002. Imajeri India: Studi Tanda dalam Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Sastroamidjojo, Seno. 1963. Sekelumit Unsur Filosofik Tjeritera Ardjuna Wiwaha. Djakarta: Kinta.

Setyowibowo, Wijanarko. 1990. Membuka Tabir Misteri Tokoh-tokoh Wayang Kurawa. Yogyakarta: Toko Buku SG/SR.

Sindhunata. 1993. Anak Bajang Menggiring Angin. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumantri, Barnas dan Kanti Waluyo. 1999. Hikmah Abadi Nilai-nilai Tradisional dalam Wayang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suseno, Magnis Franz. 1988. Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: Gramedia.

Tjermatjarita. 1958a. Baratajuda Babak Ke-1 (Pendahuluan) Kalabendana Lena. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958b. Baratajuda Babak Ke-2 (Pendahuluan) Kresna Gugah. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958c. Baratajuda Babak Ke-3 (Djabelan) Kresna Duta. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958d. Baratajuda Babak Ke-4 Seta Gugur. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958e. Baratajuda Babak Ke-5 Bogadenta Gugur. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958f. Baratajuda Babak Ke-6 Randjapan (Renyuhan). Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958g. Baratajuda Babak Ke-7 Burisrawa Gugur Atau Timpalan. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958h. Baratajuda Babak Ke-8 Suluhan (Gatutkatja Gugur). Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958i. Baratajuda Babak Ke-9 Karna Tanding. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958j. Baratajuda Babak Ke-10 Rubuhan (Sujudana Gugur). Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958k. Baratajuda Babak Ke-11 Lahirnya Parikesit. Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Tjermatjarita. 1958l. Baratajuda Babak Ke-12 Djumenengan (Lakon Sesudah Baratajuda). Jogjakarta: Badan Penerbit Kedaulatan Rakjat.

Toeriman. 1984. Wayang Purwa (Silsilah). Jilid 1. Purwokerto: tanpa penerbit.

Wiryamartana, I Kuntara. 1993. “Usaha Refleksi Filosofis dalam Alam Pemikiran Jawa,” dalam Bambang Rudianto, dkk. Jelajah Hakikat Pemikiran Timur. Jakarta: Gramedia.

Zaehner, Robert C. 1992. Kebijaksanaan dari Timur: Beberapa Aspek Pemikiran Hinduisme. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zoetmulder, P.J. 1983. Kalangwan: Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan.

Downloads

Published

06-07-2021

How to Cite

Sugeng Priyadi. (2021). Makna Simbolik Tabu Pertunjukan Wayang Kulit Di Purbalingga, Karesidenan Banyumas, Jawa Tengah. Mudra Jurnal Seni Budaya, 20(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v20i1.1514

Issue

Section

Articles
Loading...