Buku Seni (Artist’s Book) Sebagai Media Diplomasi Budaya Indonesia-Jerman

  • Agus Dody Purnomo Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi, Terusan Buah Batu Bandung, 40257, Indonesia
  • Toni Masdiono Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Jl. Wastukencana 52 Bandung, 40116, Indonesia
Keywords: buku seni, kertas daluang, diplomasi budaya

Abstract

Seni merupakan alat yang ampuh sebagai sarana diplomasi damai (soft diplomacy) dalam pergaulan dunia saat ini. Melalui seni jati diri suatu bangsa dapat dikenal oleh masyarakat dunia. Seni juga dapat menjadi penyeimbang dalam kehidupan yang serba seragam di era global. Buku seni (artist’s book) sebagai salah satu bentuk karya seni rupa dapat menjadi sarana diplomasi budaya dengan negara Jerman. Buku seni merupakan media ungkap ekspresi dari seniman sehingga buku seni memiliki bentuk dan tampilan yang unik. Buku seni juga berbeda dengan buku-buku pada umumnya dimana di dalamnya berisi teks dan ilustrasi. Buku seni juga dicetak dalam edisi terbatas sehingga semakin memberikan kesan ekslusif. Folklor lisan yang berkembang di tanah Sunda menjadi sumber ide untuk isi buku seni. Sedangkan medium buku seni menggunakan kertas Daluang salah satu kertas tradisional yang berkembang di tanah air. Dari aspek isi dan medium kertas yang digunakan mencerminkan kekayaan budaya yang ada di Nusantara. Perlu dipahami bahwa di era global keunikan dan keragaman budaya Nusantara dapat dipakai untuk bersaing dengan bangsa lain. Melalui kegiatan workshop dan pameran buku seni di Berlin, Jerman menjadi salah satu cara memperkenalkan budaya Nusantara ke luar negeri.

References

Adisasmita, Nuning Damayanti. (2002), Buku Seniman – Buku Sebagai Objek Berekspresi dalam Berkesenian, Mengapa Tidak?, Jurnal Wacana Seni Rupa, vol. 2 No. 4, STISI TELKOM, Bandung.

Danandjaya, James. (1991), Folklor Indonesia – Ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain, Pustaka Utama Grafiti, Jakarta.

Endraswara, Suwardi. (2013), Folklor Nusantara – Hakikat, Bentuk, dan Fungsi, Penerbit Ombak, Yogyakarta.

Marianto, M. Dwi. (1988), Seni Cetak Cukil Kayu, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

MA, Hizair. (2013), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, TAMER, Jakarta.

Permadi, Tedi,___, Asal-Usul Pemanfaatan dan Karakteristik Daluang: Bahan Naskah dalam Tradisi Tulis Nusantara, Bandung: FPBS UPI, makalah diunduh pada tanggal 15 Maret 2019.

Sinulingga, Sarah Patrecia. (2017), Diplomasi Kebudayaan Indonesia Terhadap Amerika Serikat Melalui Kuliner (Gastrodiplomacy) tahun 2010-2016, artikel JOM FISIP vol. 4 no. 2- Oktober 2017, diunduh pada tanggal 1 Agustus 2019.

Soemantri, Hilda. (2002), Indonesian Heritage – Seni Rupa, Grolier Internasional, Jakarta.
Published
2020-04-14
How to Cite
Purnomo, A., & Masdiono, T. (2020). Buku Seni (Artist’s Book) Sebagai Media Diplomasi Budaya Indonesia-Jerman. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(1), 1-6. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i1.992
Section
Articles