Maskot Kota Yogyakarta

Main Article Content

Paku Kusuma
Dharsono Dharsono
Dwi Marianto
Guntur Guntur

Abstract

Maskot tidak sekedar bentuk yang tanpa makna, didalamnya terdapat nilai filosofis yang membawa pesan penting dari suatu cita-cita bersama. Sistem identitas menjadi penghubung antara kajian keberadaan maskot dan kebutuhan pencitraan suatu daerah. Setiap daerah, tentu saja memiliki keunikan yang membedakan dengan daerah lainnya; keunikan tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri bagi entitas yang ada dalam ruang lingkupnya. Begitu pula untuk Daerah Istimewa Yogyakarta, yang meskipun notabene telah menyandang predikat daerah istimewa akan tetapi perlu juga dipikirkan membangun identitas wilayahnya sebagai asosiasi penguatnya. Fokus dalam penelitian kualitatif ini akan menguak sejauh mana peran Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam proses pemikiran membuat “maskot†yang menunjukan keistimewaannya. Kajian penulisan dengan penekanan pandangan kebudayaan melalui UU keistimewaan D.I. Yogyakarta yang disandingkan dengan pemikiran mengenai pencitraan kota.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusuma, P., Dharsono, D., Marianto, D., & Guntur, G. (2020). Maskot Kota Yogyakarta. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 250–255. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i2.1052
Section
Articles

References

Dwiyanto, A., 2016. Ilmu Administrasi Publik di Indonesia: Mencari Identitas. Yogyakarta: UGM Press.

Butler, P., K. Green and D. Galvin, 2013. The Principles of Pride: The science behind the mascot. Arlington, VA: Rare.

Heryanto, Ariel. 2015. Identitas Dan Kenikmatan. Jakarta: Gramedia.

Hoed, Benny. 2011. Semiotika dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Jenks, Chris. 2013. Culture. Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kertajaya, Hermawan. 2013. Pemimpin dan Reformasi Birokrasi Catatan Inspiratif dan Alat Ukur dalam Implementasi Reformasi Birokrasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi offset.

Kusuma, Paku. 2012. Perancangan maskot PT. KAI Persero sebagai jembatan komunikasi yang ideal. Thesis Penciptaan Seni, ISI Yogyakarta.

Kusuma, Paku. 2018. City Mascot as a supporting force in city imaging. Bandung Creative Movement (BCM) Journal.

Neuman, W. Lawrence. 2015. Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Pramusinto, Agus. 2009. Mengembangkan Budaya Kepemimipinan Profesional Birokrasi, Kumpulan Tulisan. Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto, EA. 2019. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Ilmu Kebijakan Publik Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada.

Ricoeur, Paul. 2012. Teori Interpretasi. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sumardjo, Jakob. 2010. Estetika Paradoks (Edisi Revisi). Bandung: Sunan Ambu Press.

Sunardi. St., 2002. Semiotika Negatifa. Yogyakarta. Buku Baik.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity: An Essential Guide For The Entire Branding Team. Hoboken, New Jersey: John Willey & Son. Inc.

Most read articles by the same author(s)