Inovasi Aplikasi Media Pembelajaran Tari Bali Berbasis Android

Ni Made Dian Widiastuti

Abstract


Tari Bali sebagai seni yang cukup populer di masyarakat dengan jumlah peminat untuk mempelajarinya terus bertambah. Bertambahnya peminat tidak diimbangi dengan jumlah media yang ada untuk membantu proses pembelajarannya, mengingat bahwa belajar tari Bali tidak mudah dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pada setiap tariannya dan waktu yang diperlukan tidak sedikit. Bagi masyarakat modern yang dinamis tidak semua orang memiliki waktu khusus untuk belajar tari di sanggar, sehingga diperlukan teknologi atau media pembelajaran yang praktis sebagai alternatif dalam belajar tari Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) spesifikasi produk aplikasi media pembelajaran tari Bali berbasis android, (2) proses pengembangan media pembelajaran tari Bali berbasis android dengan mengambil materi tari Cendrawasih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan sebagai acuan yaitu model Four-D oleh Thiagarajan (1974). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) produk yang dikembangkan berupa aplikasi pembelajaran tari Cendrawasih yang disajikan kedalam smartphone berbasis android dengan sajian materi secara bertahap mulai dari deskripsi, ragam gerak tari, hingga kuis (2) proses pengembangannya yang telah dilakukan saat ini menggunakan tahapan define, design, develop. Kegiatan define dengan menentukan masalah yang terjadi, design merancang materi ataupun tampilan media, dan develop adalah mewujudkan hasil rancangan kedalam bentuk nyata.

Balinese Dance is popular art in the community with the number of enthusiasts to learn it continues to grow. Increased interest is not matched by the amount of media available to aid the learning process, considering that learning Balinese dance is not easy with different difficulty levels in each dance and the time required is not small. For the dynamic modern society not everyone has a special time to learn dance in the studio, so it takes technology or practical learning media as an alternative in learning Balinese dance. This study aims to describe (1) the specification of application of Balinese dance-based dance learning media, (2) the process of developing Balinese dance based learning media by taking Cendrawasih dance material. This research uses research and development method or Research and Development (R & D) with the development model used as a reference that is Four-D model by Thiagarajan (1974). Data collection techniques used in this research process is by observation and interview. The result of research shows that (1) the product developed in the form of Cendrawasih dance learning application which is presented into android based smartphone with gradual material presentation starting from description, dance variety, to quiz (2) development process which has been done now using define stage, design, develop. Activities define by determining the problem that occurs, design material or media display, and develop is to realize the results of the design into the real form.


Keywords


inovasi media; tari bali; android

Full Text:

PDF

References


Agnestria, Rizki. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Berbasis Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Kelas IV SD (Tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Al Musawi, Ali S. (2010). The Instructional and Learning Technologies Department (ILT) in the College of Education, Sultan Qaboos University. Educational Media and Technology Yearbook, 35. doi: 10.1007/978-1-4419-1516-0_7

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arini, Anak Agung Ayu Kusuma. 2011. Tari Kekebyaran Ciptaan I Nyoman Kaler. Denpasar: Pelawa Sari.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Bandem, I Made., & I Wayan Dibia. 1983. Pengembangan Tari Bali. Denpasar: ASTI.

Bandem, I Made. 2004. Kaja Dan Kelod Tarian Bali Dalam Transisi. Jogjakarta: Institut Seni Indonesia Jogjakarta.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, Ratna Willis. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

____________. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagogis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Dibia, I Wayan. 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia dengan arti.line

_______________. 2007. Etnokoreologi Nusantara (Batasan kajian, sistematika, dan aplikasi keilmuannya). Surakarta: ISI Press.

_______________. 2013. Puspasari Seni Tari Bali. Badung: UPT ISI Badung.

Djayus, Nyoman. 1980. Teori Tari Bali. Denpasar: CV Sumber Mas Bali

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dreyfus, Stuart E. (2004). The Five Stage Model of Adult Skill Acquisition. Bulletin of Science, Technology & Society. Sage publications. Doi:10.1177/0270467604264992

Hergenhahn, B.R., dan Olson, M.Hg. 2008. Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana.

H Safaat, Nazaruddin. 2015. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Bandung: Informatika

Jensen. Rita A dkk. 1994. Using Audio-Visual Technology As a Tool For Reflection In Teacher Education. Annual Meeting of the association of teacher education.

Joesoef, Soelaman. 1992. Konsep Dasar Pendidikan Non Formal. Jakarta: Bumi Aksara.

Kertiasih, Ni Ketut. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Gerakan Dasar Tari Bali”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik dan Kejuruan UNDIKSHA. 6 (1). 37-50.

Krisnadi, Elang & Pribadi. Modul Pendamping Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak. Jakarta: Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional.

Muktar dan Iskandar. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jambi: Referensi

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Ngalimun, Haris Fadillah, Alpha Ariani. 2013. Perkembangan Dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Poerdawarminta. 1999. Psikologi Komunikasi. Jakarta: UT

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Disain Pembelajaran: Instructional Design Principles. Jakarta: Prenada Media Group

Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rahayuningtyas, Wida, dkk. (2011). Metode Pembelajaran Pencantrikan Terbimbing Dengan Pemanfaatan Audio Visual. Jurnal Harmonia. 11(1), 27-31.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusdewanti, Panca Putri, dan Abdul Gafur. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik Untuk Siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 1(2), 153-164.

Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Sadiman, Arif S., dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru.

Sarwono, Sarlito W. 2013. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiaji, Rony Siswo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Kolase, Mosaik dan Montase Untuk Calon Guru Sekolah Dasar (Tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Shattuck, Gary. (2010). Understanding School Leaders’Role in Teachers’ Adoption of Technology Integration Classroom Practices. Educational Media and Technology Yearbook, 35. doi: 10.1007/978-1-4419-1516-0_2

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Sobur, Alex. 2013. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2016. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suparman, Atwi. 1997. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Surya Pratama Wardhana, I Putu, I Gede Mahendra Darmawiguna, dkk. (2015). Pengembangan Aplikasi Instrumen Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android. JANAPATI. 4 (2), 58-66.

Sustiawati, Ni Luh. (2008). Pengembangan Manajemen Pelatihan Seni Tari Multikultural Berpendekatan Silang Gaya Tari Bagi Guru Seni Tari Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Denpasar (Disertasi yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Malang , Malang.

Suwidnya, I Gede. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Menabuh Gamelan Gender Wayang Bali Dengan Teknik Belajar Siti Playing (Tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Tan, Seng-Chee, Beaumie Kim, & Jennifer Yeo. (2010). Learning with Technology: Learner Voice and Agency. Educational Media and Technology Yearbook, 35. doi: 10.1007/978-1-4419-1516-0_8

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

_____________. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2015. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta:Referensi (GP Press Group)

Yudhaningtyas, Sesaria Prima. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Tari Pada Program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) di Jawa Timur (Tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31091/mudra.v33i2.336

Article metrics

Abstract views : 127 | views : 108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By

Crossref logo DOAJ Google Scholar   BASE


Editorial Office

Mudra Jurnal Seni Budaya
Indonesia Institute of The Arts of Denpasar
Jalan Nusa Indah Denpasar 80235
Phone : +62-361-227316 ext : 159 Fax : +62-361-236100
Email : penerbitan@isi-dps.ac.id

Creative Commons License
Mudra Jurnal Seni Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.