Pengembangan Media Infografis Canva pada Materi Menggambar Alam Benda untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa Kelas VII G di SMP Negeri 1 Labuhan Haji

Authors

  • Indana Zulfa Amelia Program Studi Desain, Program Magister, Intitut Seni Indonesia Bali

DOI:

https://doi.org/10.31091/sw.v13i2.3305

Keywords:

Media Infografis, Canva, Menggambar, SMP Negeri 1 Labuhan Haji

Abstract

Penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menggambar siswa. Tujuan penelitian ini adalah membuat infografis Canva untuk pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Labuhan Haji. Penelitian ini menerapkan metodologi pengembangan dalam membuat grafis Canva untuk menggambar objek alam. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan mlalui model penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini mencakup 2 kelompok: kelompok control beserta kelompok eksperimen, disertai partisipasi 36 siswa kelas 7 G. Data penelitian terkumpul melalui tes awal beserta tes akhir, observasi serta penyebaran kuesioner guna memperoleh data evaluasi. Menurut hasil analisis data, ditemukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata pemahaman siswa sebesar 20,99%. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan media infografis Canva dapat membantu meningkatkan hasil balajar siswa. Dengan demikian, infografis dijadikan salah satu alternatif media visual yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran menggambar di sekolah agar lebih berkualitas dan menyenangkan

Downloads

Published

2025-10-06

How to Cite

Indana Zulfa Amelia. (2025). Pengembangan Media Infografis Canva pada Materi Menggambar Alam Benda untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa Kelas VII G di SMP Negeri 1 Labuhan Haji. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 13(2), 175–182. https://doi.org/10.31091/sw.v13i2.3305

Issue

Section

Articles