Pengembangan Media Infografis Canva pada Materi Menggambar Alam Benda untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa Kelas VII G di SMP Negeri 1 Labuhan Haji
DOI:
https://doi.org/10.31091/sw.v13i2.3305Keywords:
Media Infografis, Canva, Menggambar, SMP Negeri 1 Labuhan HajiAbstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menggambar siswa. Tujuan penelitian ini adalah membuat infografis Canva untuk pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Labuhan Haji. Penelitian ini menerapkan metodologi pengembangan dalam membuat grafis Canva untuk menggambar objek alam. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan mlalui model penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini mencakup 2 kelompok: kelompok control beserta kelompok eksperimen, disertai partisipasi 36 siswa kelas 7 G. Data penelitian terkumpul melalui tes awal beserta tes akhir, observasi serta penyebaran kuesioner guna memperoleh data evaluasi. Menurut hasil analisis data, ditemukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata pemahaman siswa sebesar 20,99%. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan media infografis Canva dapat membantu meningkatkan hasil balajar siswa. Dengan demikian, infografis dijadikan salah satu alternatif media visual yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran menggambar di sekolah agar lebih berkualitas dan menyenangkan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indana Zulfa Amelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.