Penggunaan Bahasa Satir Publik Figur Dalam Komentar Pemberitaan Pamungkas di Sosial Media Kajian Bahasa Satire

Main Article Content

Anggi Maysa Noviana Bakri
Ekky M .Helki Agusti
Ian Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk satire dalam tuturan yang terjadi di sosial media twitter dan instagram. Objek penelitian ini merupakan vidio viral tidak senonoh yang dilakukan Pamungkas saat di atas panggung dengan sumber data berupa kritikan yang merupakan dampak dari vidio tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif karena penelitian ini menganalisis penggunaan bahasa satir pada media sosial twitter dan Instagram. Data yang digunakan berupa kalimat satir yang digunakan beberapa figur publik untuk mengkritik perilaku Pamungkas tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dengan teknik pengolahan data simak-tulis. Penelitian ini mengidentifkasi data pada dengan mencari kalimat yang mengandung sindiran kemudian mengumpulkan, menganalisis, dan mendata hasil analisis.

Article Details

How to Cite
Anggi Maysa Noviana Bakri, M .Helki Agusti, E., & Ian Wahyuni. (2023). Penggunaan Bahasa Satir Publik Figur Dalam Komentar Pemberitaan Pamungkas di Sosial Media: Kajian Bahasa Satire. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 11(2), 60–65. https://doi.org/10.31091/sw.v11i2.2163
Section
Articles

References

Anggraini, Desy. 2020. VARIASI TINDAK TUTUR DALAM CERPEN ‘PISPOT’KARYA HAMSAD RANGKUTI. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta.

Insani, Eka Nur, Atiqa Sabardila. 2016. TINDAK TUTUR PERLOKUSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMK NEGERI 1 SAWIT BOYOLALI. Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta.

Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kamal, Syahrudin. 2020. MAJAS SINDIRAN DALAM TINDAK TUTUR ILOKUSIBAHASA JEPANG PADA ANIME SLAMDUNK. Universitas Diponegoro : Diponegoro.

Ratnawati, Sri. 2017. UNGKAPAN SATIRE DAN SARKASME DALAM CHARLIE HEBDO. Universitas Hasanuddin : Makassar.

Safira, F. E. (2021). TINDAK TUTUR DAN FUNGSI TUTURAN EKSPRESIF DALAM ACARA NIH KITA KEPO DI TRANS TV: SUATU KAJIAN PRAGMATIK. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Penerbit Angkasa.