Pengaruh Pola Ruang Terbuka Hijau Terhadap Sirkulasi Udara Pada Rumah Tinggal

  • I Made Jayadi Waisnawa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Bayu Pramana Institut Seni Indonesia Denpasar
Keywords: pola ruang, ruang terbuka hijau, interior, rumah tinggal

Abstract

Kini, penataan lingkungan dan interior rumah tinggal kurang mempertimbangkan ekologi. Ruang pada rumah tinggal, hanya difungsikan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas. Penelitian ini berorientasi pada pengaruh pola ruang terbuka hijau, terhadap interior rumah tinggal dengan lahan terbatas. Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mendapatkan bentuk pola ruang terbuka yang mampu memberikan kenyamanan termal terhadap interior rumah tinggal. Penelitian ini menggunakan metoda purposive sampling dengan kriteria utama yaitu keluasan lahan rumah tinggal. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan data pustaka. Populasi penelitian ini, difokuskan pada lingkungan perumahan Taman Tirta dan Tegal Luwih. Pemilihan objek penelitian, didasari oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa perumahan Taman Tirta dan Tegal Luwih memiliki kesesuaian dengan peraturan Ruang Terbuka Hijau dan Koefisien Dasar Bangunan. Hasil penelitian ini berupa data kenyamanan termal, berdasarkan kondisi fisik dan non fisik elemen pelengkap pembentuk ruang pada rumah tinggal yang dijelaskan melalui tabulasi jawaban kuesioner.

References

Ching, Francis D. K. (2011). Interior Design Illustrated Second Edition. terjemahan Lois Nur Fathia Praja (2011). Jakarta: PT Indeks.

Dalem, Raka A.A. Dkk. Harus diganti dengan nama penulis seluruhnya (2007). Kearifan Lokal Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Denpasar: Universitas Udayana.

Dwijendra, N. K. Acwin. (2009). Arsitektur Rumah Tradisional Bali. Denpasar: Udayana University Press dan CV Bali Media Adhikarya.

Frick, Heinz. (2007). Dasar-dasar Arsitektur Ekologis. Yogyakarta: Kanisius.

Glebet, I Nyoman. Dkk. Harus diganti dengan nama penulis seluruhnya (1986). Arsitektur Tradisional Bali. Denpasar: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Heryanto, Bambang. (2011). Roh dan Citra Kota. . Surabaya: Brilian Internasional.

Karyono, Tri Harso. (2014). Green Architecture. Jakarta: Rajawai Pers.

Latifah, Nur Laela. (2015). Fisika Bangunan 1. Jakarta: Griya Kreasi.

Manurung, Parmonangan. (2012). Pencahayaan Alami Dalam Arsitektur. Yogyakarta: Andi.

Mediastika, Christina. (2013). Hemat Energi Lestari Lingkungan melalui Bangunan. Yogyakarta: Andi Offset.

Ronald, Arya. (2008). Kekayaan dan Kelenturan Arsitektur. Muhammadiyah Surakarta: University Press.

Soerjani, Mohamad. (2009). Pendidikan Lingkungan sebagai Dasar Kearifan Sikap dan Prilaku bagi Kelangsungan Kehidupan menuju Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Wahid, Julaihi. (2013). Teori Arsitektur, Suatu Kajian Perbedaan Pemahaman Teori Barat dan Timur. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zahnd, Markus. (2009). Pendekatan dalam Perancangan Arsitektur. Yogyakarta : Kanisius.
Published
2019-03-18
How to Cite
Jayadi Waisnawa, I. M., & Bayu Pramana, I. M. (2019). Pengaruh Pola Ruang Terbuka Hijau Terhadap Sirkulasi Udara Pada Rumah Tinggal. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Institut Seni Indonesia Denpasar, 7(1), 17-30. https://doi.org/10.31091/sw.v7i1.675
Section
Articles