Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar Untuk Mewujudkan Karakter Anak Yang Sadar Kebersihan Di Desa Carangsari

  • I Made Denny Chrisna Putra Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Maria Regina Ayu Tri Wina Yuhari Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
Keywords: COVID-19, KKN, edukasi, anak-anak

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk KKN Daring adalah suatu bentuk dukungan terhadap keputusan mentri pendidikan yang menyatakan bahwa proses belajar mengajar harus tetap berjalan dalam format daring atau Belajar dari Rumah. Kegiatan ini juga dilakukan untuk membantu masyarakat di Desa Carangsari lebih tanggap dan paham bahaya dari COVID-19, serta mampu menerapkan pola hidup bersih selama masa pandemi dan era normal baru. Kegiatan ini menerapkan metode kualitatif dimana sumber data diperoleh melalui wawancara terhadap informan yang kompeten. Sumber data yang diperoleh dari pengumpulan data primer dan skunder dianalisa sehingga menemukan kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan. Pada program KKN yang dilakukan di Desa Carangsari dilakukan edukasi yang menggunakan pendekatan berupa kegiatan mennghias masker, membuat poster yang berisikan informasi tentang COVID-19 dan protokol kesehatan, serta membuat rekaman bernyanyi dengan tema kebangsaan yang disisipkan pesan tentang bahaya CoVID-19. Seluruh program kerja berhasil dijalankan dengan dukungan penuh oleh masyarakat serta mendapat pengwalan ketat dari tim Satgas COVID-19 Desa Carangsari.

References

ISI Denpasar. (2020). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Institut Seni Indonesia Denpasar. Denpasar: LP2M

Guan, W. J., Ni, Z. Y., Hu, Y., Liang, W. H., Qu, C.Q., He, J. X., ... & Du, B. (2020). Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China. New England Journal of Medicine.

WHO. (2020). WHO Announces COVID-19 Outbreak a Pandemic. World Health Organization Regional Office for Europe. https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. Diunduh 10 September 2020 dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30434/

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. Diunduh 9 September 2020 dari https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php /qalamuna/article/view/290

Kemendikbud. (2020). Perluas Akses Belajar di Masa Covid-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses 8 September 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog /2020/04/perluas-akses-belajar-di-masa-covid19-mendikbud-luncurkan-program-belajar-dari-rumah
Published
2020-11-06
How to Cite
Denny Chrisna Putra, I. M., & Regina Ayu Tri Wina Yuhari, M. (2020). Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar Untuk Mewujudkan Karakter Anak Yang Sadar Kebersihan Di Desa Carangsari. Segara Widya : Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Institut Seni Indonesia Denpasar, 8(2), 78-83. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/1175
Section
Articles