Perancangan Interior Laboratorium Material Dan Sistem Pencahayaan Di PS/Jurusan Desain Interior ISI Denpasar

Main Article Content

Toddy Hendrawan Supardhi
Ni Luh Kadek Resi Kerdiati

Abstract

Penelitian dan Penciptaan Karya terkait dengan upaya untuk merancang sebuah laboratrium material interior dan sistem pencahayaan interior. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang disampaikan secara deskriptif. Sedangkan metode penciptaan dalam merancang interior Laboratorium Material dan Sistem Pencahayaan ini menggunakan metode Research Based Design (RBD). Adapun 4 fase dari Metodologi RBD sebagai berikut (1) Penyelidikan Kontekstual (Contextual Inquiry) (2) Desain partisipatoris (Participatory Design) (3) Desain Awal (Preliminary Design) (4) Desain Konseptual (Prototype as Hypothesis). Lokasi kasus yang akan digunakan dalam proses perancangan adalah Ruang Studio Interior di Gedung Ida Bagus Nyatna ISI Denpasar. Output dari proses penelitian dan penciptaan karya ini adalah berupa dokumen gambar konsepsual dan gambar kerja pengembangan desain. Hasil Penelitian dan Penciptaan Seni berupa rancangan Interior Laboratorium Material dan Sistem Pencahayaan ini diharapkan dapat menjadi tonggak awal dalam pengadaan fasilitas tersebut guna tercapainya tujuan peningkatan kualitas serta mutu pendidikan di PS/Jurusan Desain Interior ISI Denpasar. 

Article Details

How to Cite
Supardhi, T. H., & Kerdiati, N. L. K. R. (2021). Perancangan Interior Laboratorium Material Dan Sistem Pencahayaan Di PS/Jurusan Desain Interior ISI Denpasar. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(1), 53–61. https://doi.org/10.31091/sw.v9i1.1433
Section
Articles

References

Decapri, R. ed. Yulianto, D. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Darmasetiawan, C., Puspakesuma, L. 1991. Teknik Pencahayaan dan Tata Letak Lampu. Jakarta: Grasindo

Dodsworth, S. 2009. The Fundamental of Interior Design. Lausanne: AVA Publishing

Kilmer, R & Kilmer, W.O. 1992. Designing Interiors. Wadswoth Publishing

Leinonen, T & Durall, E. 2014. Design Thinking and Collaborative Learning. Jurnal COMUNICAR, vol 21, No 42. P 107-115

Setiawan, AP. 2005. Laboratorium Bahan Interior Sebagai Pendukung Keberhasilan Pembelajaran Desain Interior. Jurnal Dimensi Interior, Vol 3. No 1. Juni 2005, Hal : 65-79.