Penyadaran Protokol Kesehatan Dan Pelestarian Budaya Selama Pandemi Melalui Kegiatan KKN di Desa Ped Nusa Penida

  • Wahyu Indira Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Dewa Ayu Mirah Tantri Institut Seni Indonesia Denpasar
Keywords: KKN, COVID-19, Desa Ped

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan salah satu unsur Tri Dharma perguruan tinggi yakni  pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan virus Corona COVID-19 sebagai pandemi. Menurut WHO, pandemi adalah skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia. Permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Ped Nusa Penida adalah kurangnya kesadaran tentang protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan  mencuci tangan sebelum masuk ataupun mengambil barang. untuk dapat melaksanakan keiatan KKN di masa pandemi perlu memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pembagian masker dan hand sanitizer, begitu juga memberi pemahaman tentang cara mencegah penyebaran virus COVID-19. Sebagai kegiatan pelestarian budaya, diadakan pelatihan kepada anak anak di banjar bodong untuk menari Rejang Dewa, yang dipentaskan pada saat piodalan. Semua kegiatan dilakukan dengan tetap mempehatikan faktor kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

References

LP2M ISI Denpasar. 2020. “Juknis dan Pedoman Kuliah Kerja Nyata Institut Seni Indonesia Denpasar”. Denpasar : Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Seni Indonesia Denpasar.
Published
2020-11-11
How to Cite
Indira, W., & Mirah Tantri, I. D. A. (2020). Penyadaran Protokol Kesehatan Dan Pelestarian Budaya Selama Pandemi Melalui Kegiatan KKN di Desa Ped Nusa Penida. Segara Widya : Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Institut Seni Indonesia Denpasar, 8(2), 114-119. https://doi.org/10.31091/sw.v8i2.1188
Section
Articles