Kebertahanan Seni Budaya Desa Batuan di Era New Normal

Main Article Content

Kadek Suartaya
I Putu Agus Yana

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) ISI Denpasar tahun 2020 berlangsung di tengah pandemi Copid-19. Pelaksanaan pengabdian yang dilakukan para mahasiswa tetap direalisasikan dengan mengambil lokasi di sekitar domisili masing-masing. Dalam pelaksanaan kegiataannya diharuskan menjaga dengan ketat protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar adalah salah satu wilayah yang dipilih mahasiswa, I Putu Agus Aryana. Potensi seni budaya, seni pertunjukan dan seni rupa yang diwarisi dan berkembang di desa tersebut dijadikan fokus  objek kegiatan agar tetap eksis di tengah era new normal. Hasilnya, kegiatan seni pertunjukan dan seni lukis Desa Batuan berhasil dibangkitkan semangat dan keberadaannya.


Article Details

How to Cite
Suartaya, K. ., & Agus Yana, I. P. . (2022). Kebertahanan Seni Budaya Desa Batuan di Era New Normal. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 10(1), 30–36. https://doi.org/10.31091/sw.v10i1.1932
Section
Articles

References

Bagus, I Gusti Ngurah (ed.). 1997. Masalah Budaya dan Pariwisata dalam Pembangunan. Denpasar : Program Studi Magister (S2) Kajian Budaya Universitas Udayana.

Bandem, I Made, et-al. 1975. Panititalaning Pegambuhan. Proyek Percetakan/Penerbitan Naskah-Naskah Seni Budaya dan Pembelian Benda-Benda Seni Budaya.

Bandem, I Made. 1983. Ensiklopedi Tari Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Denpasar.

_________Bheri: Jurnal Ilmiah Musik Nusantara, Vol. 6 No. 1 September 2007. Denpasar : Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar.

Covarrubias, Miguel. 1972. Insland of Bali. Kula Lumpur : Oxford University Press.

Dibia, I Wayan dan Rucina Ballinger. 2004. Balinese Dance, Drama, and Music: A Guide to the Performing Arts of Bali. Singapore : Periplus.