Melukis Masker (Berkreasi Dalam Pandemi)

Main Article Content

I Wayan Diana Putra
Ni Nyoman Sutrisna Yanthi

Abstract

Pelaksanaan KKN tahun 2020 ini dihadapkan dengan pandemi global Covid-19 yang mewabah begitu agresif. Pandemi ini tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan namun melumpuhkan seluruh sendi-sendi kehidupan dari ekonomi, sosial, politik dan sebagainya. Mengingat jadwal pelaksanaan dari KKN Institut Seni Indonesia Denpasar jatuh pada masa pandemi maka format terjun ke lapangan dan bersosialisasi dengan masyarakat menjadi terkendala. Terkandala dari kebijakan protokol kesehatan yang menghimbau untuk meniadakan kontak dan pertemuan dalam skala besar. Namun kegiatan KKN ini mesti berjalan sesuai dengan kalender akademik yang sudah berjalan maka tahun 2020 ini LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar membuat format KKN dalam jaringan (daring). Disamping dengan format daring KKN tahun 2020 dilaksanakan dalam lingkungan penulis sendiri. Oleh sebab itu proker yang diaktualisasikan ialah Melukis Masker Bagi Anak-Anak untuk mengeliatkan anak-anak di lingkungan Desa Sumerta Kelod untuk tetap berkreasi dalam pandemi. Adapun metode yang digunakan dalam program kerja (proker) melukis masker ini adalah sosialisasi, eksplorasi, pelaksanaan kegiatan melukis masker dan penyebaran masker. Pelaksanaannya meliputi dari pengajarn teknik melukis, melukis pada media masker dan menyebarkan pada aparatur desa dan masyarakat sekitar yang memerlukan. Dalam proker melukis masker ini terkandung nilai-nilai yaitu nilai kreativitas dan nilai pendidikan. Nilai kreativitasnya ialah mengkreasikan imajinasi dalam seni lukis. Nilai kependidikannya ialah mengajarkan anak-anak peduli dengan kesehatan melalui membagikan masker hasil dari kreasi mereka.

Article Details

How to Cite
Diana Putra, I. W., & Sutrisna Yanthi, N. N. (2020). Melukis Masker (Berkreasi Dalam Pandemi). Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 8(2), 127–133. https://doi.org/10.31091/sw.v8i2.1190
Section
Articles

References

Desa Sumerta Kelod. 2018. Profil Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. Denpasar: Kantor Desa Sumerta Kelod.

Hidayat, Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tanggerang: PT. Pustaka Mandiri

Iswantara, Nur. 2017. Kreativitas : Sejarah, Teori & Perkembangan. Yogyakarta: Gigih Pustaka Mandiri.

Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta : PT. Gramedia.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, dalam Jurnal Kependidikan, Vol.1 No. 1. Purwokerto : IAIN Purwokerto.

Tim Panitia KKN ISI Pada Masa Covid 19. Panduan dan Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan KKN ISI Pada Masa Covid 19. Denpasar: LP2MPP ISI Denpasar

Winahyu, Atikah Hismah. 2020. Seniman Mengasah Kreativitas di Tengah Pandemi, Sebuah Artikel Humaniora dalam media elektronik mediaindonesia.com. Jakarta: Media Indonesia.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.