Analisis Keragaman Hasil Kegiatan Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata Institut Seni Indonesia Denpasar Pada Masa Pandemic Covid-19 Tahun 2020

Authors

  • I Gede Yudarta Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31091/sw.v9i1.1427

Keywords:

KKN, ISI Denpasar, Covid-19

Abstract

Penyusunan artikel ini betujuan untuk mendeskripsikan hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar pada pelaksanaan KKN periode tahun 2020. Sebagai salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pelaksanaan KKN ISI Denpasar merupakan implementasi penerapan hasil pembelajaran yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Berbeda dengan pelaksanaan KKN pada tahun-tahun sebelumnya, berkenaan dengan pandemic Corona Virus Disease (Covid-19) kegiatan KKN diarahkan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dengan cara terlibat langsung berpartisipasi aktif melakukan upaya membantu masyarakat di daerah asalnya masing-masing untuk pencegahan, pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Pada pelaksanaan KKN 2020, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dimana pada setiap kelompok terdapat mahasiswa dari  berbagai program studi. Pada Kelompok 16 terdapat 8 orang mahasiswa dari Prodi Desain Mode, Prodi Tari, Prodi Produksi Film dan Televisi, Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, Prodi Pedalangan, Prodi Karawitan, dan Prodi Seni Murni. Adapun program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa adalah sesuai dengan bidang yang dipelajari pada masing-masing prodi. Berkenaan dengan hal tersebut, di dalam artikel ini terdapat beberapa pokok bahasan diantaranya berkaitan dengan program kerja yang dilakukan, realisasi program kerja dan faktor penghambat dan pendukung di dalam pelaksanaan program kerja. Metode yang digunakan di dalam penulisan artikel ini adalah metode kualitatif dimana data diperoleh dari hasil laporan kegiatan mahasiswa selanjutnya data tersebut dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Kesimpulan tulisan ini berupa analisis hasil program kerja mahasiswa, realisasi program kerja serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaan KKN dimasa pandemic Covid-19.  

References

Apriana, I Wayan Widi. 2020. “Laporan Akhir Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Covid-19 Institut Seni Indonesia Denpasar Tahun 2020 Desa Tumbak Bayuh”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Arsana, I Komang, 2020. “Laporan Akhir Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pada Masacovid -19 Isntitut Seni Indonesia Denpasar Tahun 2020”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Artini, Ni Putu Ayu Putri. 2020. “Laporan Akhir Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Covid-19 Institut Seni Indonesia Denpasar Tahun 2020 Desa Penyaringan, Jembrana, Bali”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Krisdiawan, I Gede Nanda. 2020. “Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Covid-19 Institut Seni Indonesia Denpasar Tahun 2020 Di Desa Lembongan”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Leslyani, Ni Putu. 2020. “Laporan Akhir Mahasiswa Kerja Nyata Pada Masa Covid-19 Institut Seni Indonesia Denpasar Tahun 2020 Desa Adat Anggungan, Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Panduan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ISI Denpasar Pada Masa Covid-19.

Pratama, I Gede Ngurah Bagus. 2020. “Laporan Akhir Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Covid -19 Institut Seni Indonesia Denpasar Tahun 2020”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Prianta, I Wayan Gede. 2020. “Lapaoran Akhir Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Institut Seni Indonesia Denpasar Pada Masa Corona Virus Disease (Covid-19 )”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Wiarsana, Agus Eka Wahyu. 2020.”Laporan Akhir Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Covid -19 Kelompok 16 Institut Seni Indonesia Denpasar Tahun 2020 Desa Batubulan”. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia Denpasar.

Downloads

Published

2021-05-24

How to Cite

Yudarta, I. G. (2021). Analisis Keragaman Hasil Kegiatan Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata Institut Seni Indonesia Denpasar Pada Masa Pandemic Covid-19 Tahun 2020. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(1), 14–20. https://doi.org/10.31091/sw.v9i1.1427

Issue

Section

Articles