Elemen Visual pada Iklan Fiat 500 Karya Dave Hill

Main Article Content

Wahyu Indira
I Putu Arya Janottama

Abstract

Beriklan merupakan hal yang penting  untuk memperkenalkan, menginformasikan atau memengaruhi masyarakat agar membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh penyelenggara. Keberadaan media massa memiliki pengaruh yang begitu besar untuk menimbulkan daya tarik dan menciptakan citra merek atau brand bagi setiap produk yang  diiklankan. Memasuki era moderen, periklanan menemukan bentuk inovatif dengan karya-karya kreatif yang mengagumkan dan dilandasi oleh pemikiran kreatif yang dikemas secara apik salah satunya adalah iklan mobil Fiat karya Dave Hill. Iklan ini diproduksi dengan pemanfaatan teknologi digital imaging dengan cara menggabungkan beberapa objek foto menjadi sebuah ilustrasi fotografi yang unik dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen visual yang terkandung pada iklan mobil Fiat  karya Dave Hill. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif,  yaitu mendeskripsikan pemecahan masalah secara sistematis yang ada berdasarkan data lapangan yang telah diperoleh melalui metode dokumentasi, kepustakaan dan internet. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori elemen visual meliputi teori ilustrasi fotografi dan tipografi yang digunakan untuk menganalisis tentang elemen visual pada iklan tersebut. Elemen yang dibahas meliputi ilustrasi fotografi, copywritting, dan tipografi.

Advertising is essential in order to  introduce, inform or influence people to purchase goods or services offered by cooporate. The existence of mass media has such an enormous influence to create attraction for every product through advertisement. In an effort to create a product branding, it is  required for creative foundation for the advertisement so that it can affect people's to buy the product offered. Entering the modern era, advertising finds innovative forms with amazing creative works and is based on well-crafted creative thinking one of which is Fiat's advertisement by Dave Hill. This ad is produced with the use of digital imaging technology by combining multiple photo ointo a unique and exciting photography illustration. As a marketing strategy, Fiat car ads are also packed in the form of a story or story telling that raises the perception or meaning of the ad. The purpose of this study is to determine the visual elements contained in Dave Hill's Fiat ad. Through qualitative descriptive research method, as for the stages in the research that is describing systematic problem solving based on field data that has been obtained through documentation method, library and internet. Theories used in this study is the theory of visual elements include theories of photographic illustration and typography used to analyze the visual elements in the ad. The visual element covered include photographuc illustration, copywritting, and typography.

Article Details

How to Cite
Indira, W., & Janottama, I. P. A. (2017). Elemen Visual pada Iklan Fiat 500 Karya Dave Hill. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 5. https://doi.org/10.31091/sw.v5i0.187
Section
Articles

References

Ambrose, Gavin. Basic Design 03: Typography. United Kingdom:AVA Publising, 2005.

Bowdery, Rob. Copywritting Basic Advertising. United Kingdom:AVA Publising, 2008.

Brierly, Sean. The Advertising Handbook. New York: Taylor & Francis, 2005

Chandler, Daniel. Semiotic: The Basic second edition. New York: Taylor & Francis, 2007.

Dewan Periklanan Indonesia. Etika Pariwara Indonesia. Jakarta: Dewan Periklanan Indonesia,2014.

Hackley, Chris. Advertising & Promotion:Communicating Brand. California: SAGE publications, 2005.

Kasian. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak.

Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:Andi,2008.

Long, Ben. Complete Digital Photography. Boston:Charles River Media, 2007.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011.

Piliang, Yasraf. Semiotika dan Hipersemiotika. Bandung: Matahari, 2012.

Prakel, David. The Visual Dictionary of Photography. United Kingdom : AVA Publishing, 2010.

Sihombing, Danton. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia, 2002.

Shaw, Mark. Copywriting Successful writing for design, advertising, and marketing. London: Laurence King Publishing Ltd, 2009.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabet, 2005.

Tungate, Mark. Adland a Global History of Advertising. Philadelphia: Kogan Page,2007.