Eksplorasi Gamelan Angklung dan Selonding Sebagai Media Ungkap Dalam Penciptaan Karya Musik “Kapetengan”

Main Article Content

I Made Dwi Andika Putra

Abstract

Karya musik kapetengan merupakan sebuah garapan musik inovatif yang mengungkapkan sifat kesadaran dan ketidaksadaran yang ada dalam diri manusia. Rumusan ide penciptaan karya musik kapetengan difokuskan pada satu hal, yaitu bagaimanakah eksplorasi gamelan Angklung dan Selonding sebagai media ungkap dalam karya musik kapetengan. Untuk menjawab rumusan ide penciptaan ini, maka digunakan beberapa teori sebagai acuan dalam menggarap karya musik kapetengan, yaitu teori kreativitas, teori penciptaan menurut Alma M. Hawkins, dan teori estetika. Karya musik ini diharapkan dapat menjelaskan bahwa sifat kapetengan ada dalam setiap diri manusia dan dalam melakukan suatu tindakan, manusia hendaknya selalu menyadari serta dapat berpikir  terlebih dahulu sehingga dapat diketahui segala konsekuensi dari setiap perbuatan yang dilakukan. 

Article Details

How to Cite
Andika Putra, I. M. D. (2021). Eksplorasi Gamelan Angklung dan Selonding Sebagai Media Ungkap Dalam Penciptaan Karya Musik “Kapetengan”. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.31091/sw.v9i1.1425
Section
Articles

References

Aryasa, I WM, et al. 1984. Pengetahuan Karawitan Bali. Denpasar: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Proyek Pengembangan Kesenian Bali.

Bandem, I Made. 1986. Prakempa Sebuah Lontar Gamelan Bali. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar.

, 1991. Ubit-Ubitan Sebuah Teknik Permainan Gamelan Bali. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar.

Hadi, Y.Sumandiyo. 1990. Mencipta Lewat Tari (terjemahan buku Creating Through Dance oleh Alma M.Hawkins). Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Dibia, I Wayan. (2003), Bergerak Menurut Kata Hati, Metoda Baru Dalam Menciptakan Tari (Terjemahan dari Moving From Within A New Method for Dance Making oleh Alma M. Hawkins), Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia, Bandung.
Kartika, Dharsono Sony. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains.

Sukerta, Pande Made. (2009), Ensiklopedi Karawitan Bali, ISI Press Solo, Surakarta.

, (2011), Metode Penyusunan Karya Musik (Sebuah Alternatif), ISI Press Solo, Surakarta.

Simatupang, Lono. 2013. Pergelaran; Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya. Yogyakarta: Jalasutra.

Suharnan. 2011. Kreativitas; Teori dan Pengembangan. Surabaya: Laros.