Pelatihan Pembuatan Video Ajar Berbasis Green Screen Untuk Guru SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

Main Article Content

Sayid Mataram
Deny Tri Ardianto
Arif Ranu Wicaksono
Anugrah Irfan Ismail
Rudy Wicaksono Herlambang

Abstract


Inovasi pembelajaran merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Video pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang fleksibel dan mendukung pembelajaran luring dan daring. Guru perlu menguasai pengetahuan dan kompetensi dalam memproduksi media ajar yang efektif dan menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu teknologi yang digunakan untuk membuat video ajar yang menarik adalah menggunakan teknik green screen yang sudah lazim digunakan di dunia perfilman. Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen S1 Desain Komunikasi Visual (DKV), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam Grup Riset Desain dan Media Baru, bertujuan untuk mengadakan “Pelatihan Pembuatan Video Ajar Berbasis Green Screen Untuk Guru SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah”. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Guru SMK Muhammadiyah 3 Gemolong memiliki wawasan tentang perkembangan dunia videografi serta pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang videografi khusunya tentang teknik green screensebagai pendukung pembuatan video pembelajaran.


Article Details

How to Cite
Mataram, S. ., Tri Ardianto, D. ., Ranu Wicaksono, A. ., Irfan Ismail, A. ., & Wicaksono Herlambang, R. . (2022). Pelatihan Pembuatan Video Ajar Berbasis Green Screen Untuk Guru SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 10(2), 71–82. https://doi.org/10.31091/sw.v10i2.2152
Section
Articles

References

Astuti, A. Y., & Suyanto, M. (2016). Optimalisasi Editing Green Screen Menggunakan Teknik Lighting Pada Chroma Key. MULTITEK INDONESIA, 10(1), 1-7.

Handayani, D. (2019). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, motivasi, serta lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140-150.

Nasution, Z., Jati, A. K. N., & Setia, S. (2019). Pelatihan etika berbahasa bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi di media sosial. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 117-128.

Pradhana, F. R., Karaman, J., & Andriyanto, S. (2016). Optimalisasi Penggunaan Efek Chroma Key Pada Video dengan Menggunakan Metode Dual Layer Green Screen. Semnasteknomedia Online, 4(1), 4-8.

Purwanto, I. H. (2020). Optimalisasi Teknik Chroma Key Pada Greenscreen Menggunakan 3 Point Lighting Pada Video Iklan Slondok Klasik Rasa Asik. EXPLORE, 9(2).

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.