I Nyoman Cerita Inovation Figure in Balinese Dance Creation

Main Article Content

I Kadek Agus Sujiro Putra
I Gede Arya Sugiartha
I Ketut Sariada

Abstract

I Nyoman Cerita adalah seniman sekaligus akademisi seni pertunjukan khususnya seni tari di Bali yang berasal dari Banjar Sengguan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Beliau telah mampu membangun sebuah upaya pengembangan kesenian khususnya tari di Bali. Berbagai karya-karya yang hingga kini telah memberikan catatan penting terhadap perkembangan seni tari, I Nyoman Cerita mampu menciptakan karya tari dengan cara Nyeraki. Istilah Nyeraki yaitu serba ada atau serba bisa. Kemampuan nyeraki yang dimaksud disini adalah kemampuan Nyoman Cerita yang dapat menyelesaikan segalanya dengan kemampuan yang serba bisa. Nyoman Cerita mampu menciptakan tabuh (musik iringan tari), mampu menciptakan gerak tari, serta mampu menciptakan konsep kostum. Kemampuan nyeraki sangat jarang dimiliki oleh seniman tari pada umumnya Tujuan dari penelitian ini menghasilkan sebuah karya tulis tentang tokoh I Nyoman Cerita seniman tari asal Gianyar, menghasilkan karya tulis yang mampu digunakan sebagai informasi tentang tokoh inovatif dalam mencipta tari Bali, ada tiga pokok permasalahan yang akan dikaji yaitu bagaimanakah latar belakang kehidupan I Nyoman Cerita, bagaimanakah proses kreatif I Nyoman cerita sebagai tokoh inovatif dalam mencipta Tari Bali, bagaimanakah kontribusi karya I Nyoman Cerita dalam perkembangan seni tari di Bali? teori yang digunakan untuk membedah ketiga latar blakang tersebut yaitu: teori biografi, teori motivasi,teori Estetika. Inovatif karya I Nyoman Cerita yaitu beliau mampu memunculkan ide-ide baru seperti pengolahan properti tari yang dapat digunakan dalam berbagai fungsi. Sebagai contohnya adalah properti pajeng dapat di fungsikan sebagai tombak, roda kereta, dan simbol awan, sedangkan properti kipas dapat digunakan sebagai gada dan kereta kencana kontribusi karya-karya Tari Bali beliu menjadi bahan ajar di sanggar dan sebagai sajian seni pertunjukan pariwisata.

 I Nyoman Cerita is an artist as well as a performing arts academic especially dance art in Bali from Banjar Sengguan, Singapadu Village, Sukawati District, Gianyar Bali Regency. He has been able to build an art development effort, especially dance in Bali. Various works which up to now have provided important notes on the development of dance, I Nyoman Cerita able to create works of dance by Nyeraki way. Nyeraki term is versatile or versatile. The ability of nyreaki is meant here is the ability Nyoman Stories that can solve everything with a versatile ability. Nyoman Story is able to create a tabuh (music dance accompaniment), able to create a dance movement, and able to create the concept of costume. The ability of nyeraki very rarely owned by dance artists in general The purpose of this research produced a paper about the character I Nyoman Story of Gianyar dance artists, produce a paper that can be used as information about innovative figures in creating Balinese dance, there are three subjects that will be studied is how the background of life I Nyoman Cerita, How is the creative process I Nyoman Cerita as an innovative figure in creating Balinese Dance, how the contribution of I Nyoman Cerita’s work in the development of dance art in Bali? the theory used to dissect the three backgrounds are: biography theory, motivation theory, theory of aesthetics. The innovation of I Nyoman Cerita’s work is that he is able to create new ideas such as processing dance properties that can be used in various functions. For example, a pajeng property can be used as a spear, train wheel, and cloud symbol, while a fan property can be used as a club and a train.

Article Details

How to Cite
Agus Sujiro Putra, I. K., Arya Sugiartha, I. G., & Sariada, I. K. (2017). I Nyoman Cerita Inovation Figure in Balinese Dance Creation. Kalangwan : Jurnal Seni Pertunjukan, 3(2). https://doi.org/10.31091/kalangwan.v3i2.232
Section
Articles

References

Arbar, Ana Dadhya, Bagaimana Menulis Biografi, Perpektif Jurnalisme. Yogyakarta: CV. Emerson, 2010.

Arif, Agus. Studi Tokoh Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Bandem, I Made. Ensiklopedi Tari Bali. Denpasar,Bali: Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI Denpasar), 1983.

Bogdan, Robert C, dan SJ Taylor. Introduction to Qualitative Research Methods : A Phenomenological Approach to The Social Sciences. New York : John Willey & Sons, 1975.

Candra Pradita, I Putu. I Wayan Dibia Pencipta dan Pemikir Seni Tari di Bali. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni Budaya Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. 2015.

Candra Pratiwi, Luh Gede. Kiprah Ni Gusti Ayu Raka Rasmi Dalam Seni Kekebyaran di Peliatan Gianyar. Program Magister Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Denpasar, 2013.

Dibia, I Wayan. Mongkah Tanah Mungkah Lawang : Biografi Seniman I Wayan Geria. Yogyakarta:Kanisius, 2012.

Dibia, I Wayan. Sekar Jagat Bali : Kumpulan Rekam Jejak Tokoh Seniman Dan Budayawan Bali. Denpasar: UPT Penerbitan ISI Denpasar, 2013.

Hawkins, Alma. M. Creating Through Dance diterjemahkan oleh Sumandyo Hadi. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 1990.

Megawati, Ni Wayan. Tokoh Seniman I Made Sija Sebuah Biografi Tesis. Program pascasarjana penciptaan dan pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Denpasar, 2016.

Robbins, Stephen P dan Mary Coulter. Manajemen. Ed.7. Jilid II. Jakarta: Perpustakaan Internasional Jakarta: PT Indeks kelompok Gramedia, 2002.

Most read articles by the same author(s)