Tata Rias Wajah Pada Tari Oleg Tamulilingan Persefektif Kajian Seni

Ni Made Liza Anggara Dewi

Abstract


Tata rias wajah pada tari Oleg Tamulilingan menarik untuk diteliti karena tata rias ini mampu menyajikan karakter halus pada wajah penarinya. Penelitian yang dilakukan melalui ilmu kajian seni ini difokuskan pada bentuk, konsep estetika dan fungsinya dengan tujuan agar dapat bermanfaat bagi praktisi dan akademisi di bidang Seni tari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengaplikasikan Teori Bentuk, Teori estetika, dan Teori fungsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan  bahwa bentuk tata rias wajah pada tari oleg tamulilingan dapat dilihat dari delapan tipe anatomi wajah dan karakteristik garis dan warna yang sesuai dengan penari oleg tamulilingan. Konsep estetis yang terdapat pada tata rias pada tari oleg tamulilingan dipengaruhi oleh penata rias itu sendiri yang mengalami perubahan dari tahun 1952 hingga sekarang. Dari segi fungsi tata rias wajah pada tari Oleg tamulilingan meliputi fungsi personal seni, sosial seni, dan fisik seni yang memiliki makna tertentu pada setiap simbolnya.

The make up on Oleg Tamulilingan Dance study to interesting because can Submitting Fine characters face dancer. This research with study of art focus on form, aestethic consep, and function to useful for academics and practitioners dance. This study use the qualitative method by using form theory, Aesthetic theory, Functional theory. The study result turne out make up on Oleg Tamulilingan dance from perspective of art study from the shape, the are eight types of facial anatomy and shape characteristic of lines and colors make the corrresponding character on oleg tamulilingan Dancer. The aesthetic look of a make up artist and dancer oleg tamulilingan expreriencing changes in 1952 until now. Has the function of personal art, social art, and physicial art, and there is a specific meaning to each symbol that is on make up in oleg tamulilingan dance.

 

Keywords


kajian seni; oleg; rias

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Ade. 2012. Korea Fever Make Up and Hairdo. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

----------------, 2012. Lets Go Party Make Up Hair Do and Fashion. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta. PT Rineka Cipta.

Bandem, I Made. 1983. Ensiklopedi Tari Bali. Akademi Seni Tari Indonesia. Denpasar.

Bandem, I Made, & Fredrik Eugene de Boer, 2004, Kaja dan Kelod Tarian Bali dalam Transisi, terjemahan : I Made Marlowe Makaradhawaja, di bawah lisensi Oxford University Press, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Cosmetics, Viva. 2012. Inspirasi Kecantikan Tropis. PT Vitapharm. Surabaya.

Djelantik, A.A.M. 1990. Pengantar Dasar Ilmu Estetika. Sekolah Tinggi Seni Indonesia (ASTI) Denpasar.

----------------------, 1996. Apakah Ada Pergeseran dalam Estetika Bali. Dalam MUDRA Jurnal Seni Budaya STSI Denpasar.

-----------------------., 1999, Estetika Sebuah Pengantar, Bandung :Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

Eaton, Marcia Muelder. 2009. Persolalan-persoalan Dasar Estetika. Salemba Humanika. Jakarta.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta : Gajahmada University press.

Gie, The Liang. 1999. Filasafat Keindahan. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

……………….,1996. Filsafat Seni. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

--------------------, 1976. Garis-garis Besar Estetika (Filsafat Keindahan). Karya. Yogyakarta.

Gusnaldi. 2013. The Masterpiece Make-up of Gusnaldi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hadi, Sutrisno. 1984. Metodologi Penelitian. Jakarta : Balai Pustaka.

Kayarm, Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.

-----------------------------, Hj Sunarmi. 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. 2007. ISI Press Surakarta.

Khoigider, Daday. 2013. The Perpection Make Up Of Daday Khoigider Menggali Kesempurnaan Tata Rias Terbaik. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Koentjaraningrat. 1980. Sejarah Teori Antropologi I , Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Maryana. 2012. Ultimate Artistic Make Up. M6 Publishing-Bright Idea Club.

Nini Towok, Didik. 2012. Stage Make-up By Didik Nini Thowok Untuk Teater, Tari, dan Film. PT. Gramedia Pustaka Utama Anggota IKAPI. Yogyakarta.

Padmordaya, Pramana. 1988. Tata dan Teknik Pentas. Balai Pustaka. Jakarta.

Puspa, Camerina. 2012. Broadcast Make Up. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Putra, Heddy Shri Ahimsa. 2002. Ketika Orang Jawa Nyeni , Yogyakarta :Galang Press.


Article metrics

Abstract views : 8 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Kalangwan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.