Karakter Galuh Gaya Jero Ratna dalam Dramatari Arja Lakon Pajang Mataram di Banjar Kebon Singapadu

Main Article Content

 Made Ayu Desiari
I Ketut Sariada
Ni Made Ruastiti

Abstract

Arja merupakan salah satu jenis dramatari Bali yang memadukan unsur drama, tari, tembang, dan musik. Di dalam sebuah pementasan dramatari Arja  terdapat tokoh-tokoh yang memiliki karakter tersendiri baik itu karakter keras maupun halus atau manis. Salah satu karakter yang dikaji dalam penelitian ini adalah karakter Galuh gaya Jero Ratna dalam sebuah pertunjukan dramatari Arja dengan Lakon Pajang Mataram yang dipentaskan di Banjar Kebon Singapadu. Kajian tentang Galuh dalam dramatari Arja sangat mendesak dilakukan sebab sampai saat ini belum ada studi yang mendalam tentang tokoh Galuh dalam dramatari Arja khususnya Gaya Jero Ratna. Studi ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan seni pertunjukan. Ada dua rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah bentuk pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram di Banjar Kebon Singapadu, Gianyar?; dan (2) Bagaimanakah karakter Galuh Gaya Jero Ratna dalam pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram tersebut?. Sebagai pisau analisis digunakan tiga buah teori yaitu teori Fungsional-Struktural, teori Estetika, dan teori Semiotika. Data-data dari penelitian ini, baik data primer maupun data sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Seluruh data yang terkumpul dianalisis dan ditulis secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram di Banjar Kebon Singapadu dapat dilihat dari lakon, struktur pertunjukan, tokoh-tokoh, musik iringan, dan tempat pertunjukan. (2) Karakter Galuh Gaya Jero Ratna dalam pertunjukan dramatari Arja Lakon Pajang Mataram adalah sebuah karakter putri manis atau halus. Hal itu dapat ditinjau dari tembang pada igel penglembar dan igel pagunem, gerak tari, dan tata rias busana yang digunakan.

Article Details

How to Cite
Desiari,  Made A., Sariada, I. K., & Ruastiti, N. M. (2017). Karakter Galuh Gaya Jero Ratna dalam Dramatari Arja Lakon Pajang Mataram di Banjar Kebon Singapadu. Kalangwan : Jurnal Seni Pertunjukan, 3(1). https://doi.org/10.31091/kalangwan.v3i1.159
Section
Articles

References

Arini, A.A. Ayu Kusuma. “Studi Tentang Tokoh Mantri Buduh pada Arja Candra Metu RRI Denpasar. Denpasar: STSI Denpasar, 1990.

Bandem, I Made. Wimba Tembang Macapat Bali. Denpasar: BP Stikom Bali, 2009.

Bandem, I Made. “Pandji Characterization in the Gambuh Dance Dramaâ€. Tesis. Los Angeles: University Of California, 1972.

Dibia, I Wayan. “Arja: A Sung Dance-Drama of Bali; A Study of Change and Transformation. Diss. Los Angeles: University of California, 1992.

Djelantik, A.A. Made. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukkan Indonesia, 2004.

Hood, Made Mantle. “The Kendang Arja: Improvised Paired Drumming in Balinese Music. Tesis. University of Hawai’i at Manoa, 2001.

McPhee, Colin. Music In Bali: A Study in Form and Instrumental Organization in Balinese Orchestral Music. New Haven and London: Yale University Press, 1964.

Pandji, I G.B.N. Ensiklopedi Musik dan Tari Daerah Bali. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1979.

Soedarsono, dan Tati Narwati. Dramatari di Indonesia, Kontinuitas dan Perubahan. Yogyakarta: UGM Press, 2011.

Suarta, I Made. “Wacana Arja Payuk Prungpung RRI Denpasar: Analisis Bentuk, Fungsi, dan Maknaâ€. Tesis. Denpasar: Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 2002.

Suarya, I Wayan. “Bentuk dan Fungsi Pupuh dalam Seni Arja di Desa Keramasâ€. Skripsi. Denpasar. Jurusan Bahasa dan Sastra Bali Fakultas Sastra Universitas Udayana Denpasar, 1983.

Suryani, Ni Nyoman Manik. “Identitas Tokoh Mantri Manis dalam Dramatari Arjaâ€. Denpasar: STSI Denpasar, 1994.

Tim Penyusun Buku Dramatari Arja. Mengenal Dramatari Arja di Bali. Denpasar: Proyek Penggalian/ Pembinaan Seni Budaya Klasik (Tradisional) dan Baru. tt.

Widjaja, N.L.N Suasthi. “Dramatari Gambuh dan Pengaruhnya pada Dramatari Opera Arja†Dis. Yogyakarta : Progam Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, 2007.