Penggalian Seni Tradisi Tari Telek di Banjar Kangin Desa Adat Panjer Denpasar Selatan

Main Article Content

Ni Made Liza Anggara Dewi
Ni Made Haryati

Abstract

Tari Telek di Banjar Kangin Desa Adat Panjer memiliki kekhasan dari segi sejarah awal mula terciptanya tari Telek tersebut, bentuk, dan fungsinya memiliki kekhasan tersendiri. Perlu untuk dilakukan penelitian secara mendalam dengan tujuan penggalian seni tradisi langka yang ada di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosio Historis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui sumber langsung berupa wawancara terstruktur, dan secara tidak langsung melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Adapun hasil yang didapatkan yaitu tari Telek yang merupakan bagian dari pementasan sesolahan Sesuhunan atau manifestasi Tuhan Yang Maha Esa tersebut masih dilestarikan hingga sekarang. Tari Telek yang ada di Banjar Kangin Desa Adat Panjer merupakan bagian dari pertunjukan Tari Barong, Rangda, Rarung, dan Topeng Sidakarya yang berfungsi sebagai sarana pengungkapan kepercayaan atau keyakinan dari masyarakat penyangganya yaitu khususnya masyarakat Banjar Kangin terhadap keberadaan manifestasi Tuhan yang berstana sebagai Sesuhunan berupa Barong, Rangda, Rarung, dan Topeng Sidakarya yang menjaga dan melindungi masyarakat Desa Adat Panjer Denpasar Selatan.

Article Details

How to Cite
Liza Anggara Dewi, N. M., & Haryati, N. M. . (2021). Penggalian Seni Tradisi Tari Telek di Banjar Kangin Desa Adat Panjer Denpasar Selatan. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(2), 87–97. https://doi.org/10.31091/sw.v9i2.1739
Section
Articles

References

Bandem,I Made 1983. Ensiklopedi Tari Bali, Denpasar; Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI)

Budihartini, Pan Putu. 2000. Rangda dan Barong Unsur Dualistik. Denpasar

Cerita, I Nyoman 2020. Teks Dan Konteks Di Balik Seni Pertunjukan Bali. Denpasar: Japa (Pt. Japa Widya Duta)

Dibia, I Wayan. 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Bandung

Hadi, Sumandiyo 2005. Sosiologi Tari Sebuah Pengenal Awal. Pustaka. Yogyakarta

Hidayat, Robby 2009 Pengetahuan Seni Tari, Malang: Jurusan Seni dan Desaib fakultas sastra Universitas Negeri Malang.

Junaedi, Deni 2016. Estetika Jalinan Subjek Objek dan Nilai. ArtCiv. Yogyakarta

Murgiyanto, Sal, 1986. Komposisi tari, Jakarta: Direktorat jendral Pengembangan Kesenian.

Nuriarta, I. W., & Wirawan, I. G. N. (2019). Kajian Komik Kartun Panji Koming Di Tahun Politik. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni.

Kuta ratna, Nyoman, 2010. Metodelogi Penelitian Kajian Budaya da Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saebani, Beni Ahmad, 2019 Pengantar Antropologi, Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sedyawati, Edi, dkk. 1986. Pengetahuan Elementer Tari Dan Beberapa masalah Tari. Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Susanto, Budi, 1992. Kebudayaan dan Agama.

Kanisius. Yogyakarta