Desain Interior Dan Eksterior Dalam Usaha Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kantor Desa Pemecutan Kaja, Kota Denpasar

Main Article Content

Cok Gd Rai Padmanaba

Abstract

Sosialisasi tatanan normal baru yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, perlu dilaksanakan secara masif sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan baik mengenai jaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan dilarang berkerumun dalam jumlah yang banyak. Bali sebagai salah satu wilayah NKRI, tentunya juga harus tunduk pada aturan tersebut, dengan menerapkan protokol tatanan normal baru, di berbagai segi kehidupan masyarakat, termasuk juga kantor-kantor pelayanan masyarakat. Di lain sisi, pada bulan Agustus 2020, Institut Seni Indonesia Denpasar menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata secara mandiri, yang dilakukan di lokasi kediaman masing-masing mahasiswa, karena pada bulan tersebut masih dalam masa pandemi Covid-19 di Bali. Salah satu program kerja yang dilakukan adalah mendesain interior dan eksterior Kantor Desa Pemecutan Kaja, karena kantor ini harus tetap melayani kepentingan administrasi masyarakat desa, pada masa pandemi covid-19 dengan  tetap menerapkan protokol Kesehatan. Adapun metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah Teori Fungsi menurut Victor Papanex, yang meliputi Kebutuhan, Asosiasi, Telesik, Metode, Estetika dan kegunaan. Pada tahap desain, metode di atas juga dipadukan dengan metode Panca Sthiti Ngawi Sani,  sebagai metodologi penciptaan seni, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu; Tahap inspirasi,  tahap eksplorasi, tahap konsepsi, tahap eksekusi dan tahap ngebah. Hasil dari penelitian  ini adalah desain secara menyeluruh di area Kantor, mulai dari penempatan dan desain wash tafel di halaman kantor, sampai desain tata letak dan desain kursi, meja, counter, dan alur sirkulasi dalam kantor. Dengan desain ini, diharapkan mampu membantu pencegahan penyebaran covid-19 di area kantor desa Pemecutan Kaja.

Article Details

How to Cite
Padmanaba, C. G. R. (2021). Desain Interior Dan Eksterior Dalam Usaha Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kantor Desa Pemecutan Kaja, Kota Denpasar. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(1), 34–39. https://doi.org/10.31091/sw.v9i1.1431
Section
Articles

References

Ching. F.D.K.1996. Ilustrasi Desain Interior. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dibia, I Wayan. (2020).Panca Sthiti Ngawi Sani, Metodologi Penciptaan Seni. Denpasar : Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar.

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik. (2017). Sejarah Desa Pemecutan Kaja, https://pemecutankaja.denpasarkota.go.id/page/read/1644. (diunduh :1 September 2020)

Hakari, LM. (2014). Tata Ruang Kantor, http://eprints.polsri.ac.id/782/3/FILE%203.pdf. (diunduh 28 July 2020)

Hendriyana.H, 2018. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya Seni Kriya & Desain Produk Non Manufaktur, Bandung: Sunan Ambu Press.

Interior Kantor. 2006. “Pengaturan Ruang Kantor”, https://interiorkantor.com/pengaturan-ruang-kantor/. (28 July 2020)

Nurmianto. E. 1998. Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Candimas Metropole.

Panero, J, Zelnik. M.1980. Human Dimension & Interior Space. London: The Architectural Press Ltd.

Sugiharto. 2016. “Perancangan Perabot Kerja Kantor” , http://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/viewFile/4651/4265. (28 July 2020)
Wilkening. F. 1992. Tata Ruang:Semarang. Penerbit Kanisius.

Most read articles by the same author(s)