Perancangan Rebranding Photo Studio Barokah Putra

  • Nila Sholikhatul Fitriyani Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga, 50711, Indonesia
  • Peni Pratiwi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga, 50711, Indonesia
  • Birmanti Setia Utami Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga, 50711, Indonesia
Keywords: perancangan, rebranding, studio foto, strategi promosi

Abstract

Barokah Putra merupakan usaha bisnis fotografi yang beralamat di komplek pasar Karangjati, kabupaten Semarang. Bisnis fotografi mengalami perkembangan yang pesat sehingga terjadi persaingan bisnis yang ketat. Perilaku konsumen telah berubah seiring dengan perkembangan zaman, mengakibatkan tingkat konsumen yang menggunakan produk/jasa Barokah Putra menurun. Citra Barokah Putra sebagai penyedia layanan fotografi yang baik hanya diketahui oleh konsumen lama saja. Berbeda dengan pemahaman kalangan muda sebagai calon konsumen baru yang mengaggap bahwa Barokah Putra kurang moderen, sehingga citra yang lama tidak bisa menjangkau target konsumen kembali. Metode yang digunakan dalam perancangan rebranding adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa participant observation dan wawancara yang mendalam kepada client serta target konsumen. Upaya rebranding Barokah Putra dengan mengembangkan differensiasi menjadi studio foto berlayanan “fun photography” yang fleksibel memenuhi kebutuhan konsumen. “Fun Photography” menjadi inovasi layanan studio foto yang akan diusung berdasarkan banyaknya permintaan target konsumen. Perancangan rebranding ini untuk meraih target konsumen potensial yaitu usia 20-25 tahun di wilatah Ungaran dan memiliki kesukaan berfoto untuk mengekspresikan diri. Kegiatan penyampaian pesan kepada target audiens mengenai citra dan posisi barunya dilakukan dengan merancang strategi komunikasi pemasaran terpadu. Hasil dari perancangan berupa logo sebagai corporate identity Barokah Putra beserta media aplikasi logo untuk memperkuat corporate identity Barokah Putra di benak masyarakat. Strategi promosi yang dirancang menggunakan metode pendekatan personal berdasarkan perilaku konsumen dalam berinteraksi terhadap point of contact supaya dapat menyampaikan pesan dengan baik tepat sasaran.

References

Aaker, David. (2015). Aaker On Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Bryan, Christopher. (2017). Perancangan Branding Perusahaan 7coffeeaday. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 31 Juli 2018 dari http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/5619

Keller, Kevin. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip, Gary Amstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Penerbit: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 12.Jakarta: P.T. Indeks Kelompok Gramedia.

____________________________. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi

Muzellec, Laurent., Mary Lambkin. (2006). Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity? European Journal of Marketing Vol. 40

Rangkuti, Freddy. (2013). Strategi Semut Melawan Gajah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ratih, Piscesia Dwi. (2012). Makna konstruktivisme dalam seni grafis pada poster iklan produk di Rusia periode new economy policy 1923-1929. Jurnal Universitas Indonesia. Diunduh 4 Agustus 2019 dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20310132-S43063-Makna%20konstruktivisme.pdf

Sarwono, Jonathan & Hary Lubis. (2007). Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Bandung: C.V Andi Offset

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjandra, Ellen Mannuela. (2013). Perancangan Ulang Corporate Identity Chandra Asri Furnitur di Situbondo. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 31 Juli 2018 dari https://www.neliti.com/id/publications/85916/none

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Trout, Jack., Steve Rivkin. (1997). The New Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wheeler, Alina. (2009). Designing Brand Identity. Canada: Hoboken.

Wibowo, Irma Setyawati. (2014). Perancangan Rebranding Bakpia “Balong” Sumber Rejeki Solo. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 29 Juli 2018 dari https://www.neliti.com/id/publications/83048/none

Wijayanti, Shelvy. (2014). Perancangan Brand Identity Pusat Oleh-Oleh Khas Gresik Cap Kuda. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 31 Juli 2018 dari http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1891
Published
2019-11-29
How to Cite
Fitriyani, N., Pratiwi, P., & Utami, B. (2019). Perancangan Rebranding Photo Studio Barokah Putra. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 51-63. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/909
Section
Articles