Transformasi Prasi Tantri Carita Dalam Animasi Prasimotion

Main Article Content

LUH BUDIAPRILLIANA
TJOKORDA UDIANA NINDHIA PEMAYUN
I NYOMAN SUARDINA

Abstract

Penciptaan ini dilatarbelakangi ketertarikan pencipta terhadap prasi. Prasi mulai ditinggalkan generasi muda. Seni prasi merupakan seni menoreh gambar di atas daun rontal. Dalam prasi terkandung unsur seni visual berupa gambar ilustrasi serta seni sastra berupa naskah-naskah lontar yang mengandung nilai moral. Pada tulisan ini dirumuskan tiga masalah yakni, bagaimanakah menciptakan media yang sesuai untuk pengenalan prasi kepada remaja?, bagaimana mentransformasikan prasi ke dalam bentuk animasi digital?, bagaimana bentuk/wujud prasi digital? Tujuan dari penciptaan ini yaitu merancang media pembelajaran untuk mengenal prasi. Sasaran dari penciptaan ini adalah remaja usia 12-18 tahun (siswa SMP dan SMA) di Buleleng. Pada penciptaan ini melalui tiga tahapan yakni eksplorasi, eksperimentasi, dan proses perancangan. Adapun teori yang digunakan pada penciptaan ini meliputi teori simulasi, transformasi, dan semiotika. Hasil Cipta pada penciptaan ini terdiri dari karya utama dan karya pendukung. Karya utama yaitu berupa karya animasi Prasimotion dengan judul Kacarita Pedanda Baka. Karya animasi tersebut merupakan animasi 2D yang visualisasinya dibuat seakan-akan animasi tersebut terjadi di atas daun rontal. Selain karya utama terdapat juga karya pendukung berupa animasi slideshow dengan mengambil cerita fabel lain dari rangkaian fable dalam Tantri Carita. Media ini dirancang untuk dapat dibawa ke berbagai tempat dengan hanya mengaksesnya dari gadget saja. Selain karya pendukung berupa animasi slideshow ini juga akan dibuat media pendukung berupa poster, X-banner, dan prototype prasi dalam bentuk printout.

This creation is motivated by the creator’s interest in prasi. Prasi began to be abandoned by the young generation. Art prasi is the art of incised images on the leaf rontal. In the prasi contained elements of visual art in the form of illustrations and literary arts in the form of lontar (manuscripts) that contain moral values. In this paper formulated three problems namely, how to create appropriate media for the introduction of prasi to adolescents?, how to transform the prasi into the form of digital animation ?, how is the form of digital prasi ?. The purpose of this creation is to design learning media to introduce prasi. The targets of this creation are adolescents aged 12-18 years (junior and senior high school students) in Buleleng. At this creation through three stages of exploration, experimentation, and the design process. The theory used in this creation includes the theory of simulation, transformation, and semiotics. The Creative results in this creation consist of the main works and the supporting works. The main work is in the form of Prasimotion animation with the title Kacarita Pedanda Baka. The work of the animation is a 2D animation that the visualization is made as if the animation took place on the leaf rontal. In addition to the main work there is also a supporting work in the form of slideshow animation by taking another fable story from a series of fables in Tantri Carita. This medium is designed to be brought to various places by only accessing it from the gadget. In addition to supporting works in the form of animation slideshow will also be made supporting media in the form of posters, X-banner, and prototype of prasi in the form of printout.

Article Details

How to Cite
BUDIAPRILLIANA, L., UDIANA NINDHIA PEMAYUN, T., & SUARDINA, I. N. (2017). Transformasi Prasi Tantri Carita Dalam Animasi Prasimotion. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 21(2). Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/230
Section
Articles

References

Ahmadi, H. Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi

Belajar. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis. Metode Riset

untuk Desainer Komunikasi Visual. Yogyakarta:

CV.Andi Offset, 2007.

Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja. Edisi Revisi.

Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015.

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk

Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta:

Andi Offset.

Suyanto, M. 2005. Strategi Perancangan Iklan

Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi

Offset.