Kajian Konsep Minimalis, Fungsi, dan Makna Desain User Interface (UI) dalam Aplikasi Seluler Bukaloka

Main Article Content

Made Gana Hartadi
I Nyoman Artayasa
I Wayan Swandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep minimalis dan fungsi desain UI Bukaloka serta menginterpretasi makna desain UI Bukaloka. Analisis konsep minimalis bertujuan mengungkapkan kesesuaian antara kriteria konsep minimalis dengan struktur estetika desain UI Bukaloka. Analisis fungsi bertujuan mengungkapkan kemampuan desain UI Bukaloka membentuk kesan prestise, pencitraan, dan gaya hidup. Interpretasi makna bertujuan mengungkapkan keberhasilan desain UI Bukaloka sebagai media komunikasi visual yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kehidupan audiens. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep minimalis desain UI Bukaloka belum mampu divisualisasikan secara maksimal ke dalam setiap halaman desain. Beberapa unsur desain dan prinsip desain belum memiliki kesesuaian dengan konsep minimalis. Fungsi desain UI Bukaloka dikategorikan ke dalam fungsi personal, fungsi sosial, dan fungsi fisik. Fungsi personal mencerminkan kesan prestise, fungsi sosial berkaitan dengan pencitraan, dan fungsi fisik mewakili pembentukan gaya hidup audiens. Pemaknaan dalam desain UI Bukaloka terdiri atas makna denotasi dan makna konotasi. Interpretasi makna denotasi mengungkapkan bahwa penanda mampu menghasilkan petanda yang berperan sebagai emphasis dan balance dalam beberapa halaman desain UI Bukaloka. Makna konotasi diinterpretasi melalui penggalian tanda-tanda di balik fungsi desain UI Bukaloka, sehingga menghasilkan makna kedayaan, makna ekonomi, dan makna budaya.

Article Details

How to Cite
Gana Hartadi, M., Artayasa, I. N., & Swandi, I. W. (2020). Kajian Konsep Minimalis, Fungsi, dan Makna Desain User Interface (UI) dalam Aplikasi Seluler Bukaloka. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(2), 82–94. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1218
Section
Articles

References

Rustan, Surianto. (2019), Buku Warna, PT Lintas Kreasi Imaji, Jakarta.

Rustan, Surianto. (2019), Buku Warni, PT Lintas Kreasi Imaji, Jakarta.

Putra, Gede Bayu Segara, I Nyoman Artayasa, dan I Wayan Swandi. (Desember 2017), “Kajian Konsep, Estetik, dan Makna pada Ilustrasi Rangda Karya Monez”, dalam PRABANGKARA, Jurnal Seni Rupa dan Desain, Vol.21 No.2.

Subawa, Nyoman Sri, dan Ni Wayan Widhiasthini. (Oktober 2018), “Transformasi Perilaku Konsumen Era Revolusi Industri 4.0”, dalam Conference on Management and Behavioral Studies, di Universitas Tarumanegara.

Kartika, Dharsono Sony. (2007), Estetika, Rekayasa Sains Bandung, Bandung.

Adipat, Boonlit, dan Dongsong Zhang. (Agustus 2005), “Interface Design for Mobile Applications”, dalam Americas Conference on Information Systems (AMCIS), di Omaha, NE, USA.

Kiwe, Lauma. (2018), Jatuh Bangun Bos-Bos Startup, Checklist, Yogyakarta.

Tourism. (16 November 2019), “Bukaloka Bukukan Transaksi Rp 1,928 Milyar per September 2019” Koranjuri.com.

Daftar Narasumber
Santhana, I Putu Aditya (29th.), Founder dan CEO Bukaloka, wawancara tanggal 11 Januari 2020 di Colony Creative Hub Plaza Renon.