Kajian Elemen-elemen Lukisan Cerita Ramayana Karya I Ketut Budiana

  • I Putu Adi Putra Wiwana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Gede Yudarta Institut Seni Indonesia Denpasar
Keywords: kajian elemen, cerita, ramayana

Abstract

I Ketut Budiana awalnya menggeluti seni patung, namun ia lebih menekuni bidang seni lukis. Karya lukis beliau memiliki kesan kebaruan ketimbang lukisan tradisional pada umumnya. Penulis akan menggunakan metoda kualitatif guna mengkaji elemen-elemen karya beliau meliputi garis, warna, bidang, ruang, dan tekstur. Penulis akan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. I Ketut Budiana menampilkan garis dengan dua cara. Pertama dengan menggabungkan dua warna yang berbeda, dan kedua dengan mempergunakan alat berupa kuas kecil dengan warna yang dituangkan lebih gelap daripada objek. Pewarnaan yang terkesan hitam dan putih, namun pada bagian tertentu dituangkan warna yang berbeda untuk memperkuat kesan objek. Pewarnaan semacam ini menimbulkan kesan kaya warna namun tetap harmonis. Ia menampilkan kesan ruang ilusi, kesan yang tercipta dalam karya dua dimensi. Ruang yang ditampilkan memberi kesan perspektif pada karyanya. Tekstur yang ditampilkan adalah tekstur semu, disebabkan oleh penempatan gelap terang yang jelas. Bentuk dalam karyanya sudah menampilkan anatomi yang terkesan realistik. Sehingga terlihat bervolume. Tujuan penulis mengkaji karya beliau adalah untuk memotifasi seniman tradisional Ubud agar menciptakan karya yang unik dan diharapkan dapat melahirkan seniman muda.

References

Kartika, Darsono Sony. 2004. Seni Rupa Modern, Cetakan I. Bandung : rakayasa Sains.

Noor, Juliansyah. 2011. Metode Penelitian, edisi pertama. Jakarta : KENCANA PENANDA, Media Group Jl. Tambara Raya No.23 Rawamangun.

Sugiono. 2015. Metodelogi Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta

Susanto, Mikke. 2011. Diksi Rupa, Edisi Revisi. Yogyakarta : DictiArt Lab.
Published
2020-09-11
How to Cite
Adi Putra Wiwana, I. P., & Yudarta, I. G. (2020). Kajian Elemen-elemen Lukisan Cerita Ramayana Karya I Ketut Budiana. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(1), 1-7. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1120
Section
Articles