Kajian Elemen Wayang Kulit Lakon Kang Ching Wie Oleh Dalang I Dewa Gede Agung Sutresna

Main Article Content

Ni Ketut Intan Handayani
I Gede Yudarta

Abstract

Wayang Kulit Kang Ching Wie merupakan sebuah pertunjukan wayang yang kaya akan kreativitas dan kreasi senimannya. Bertambahnya wawasan, kemampuan dan kreativitas dalang I Dewa Gede Agung Sutresna membuat kemasan pertunjukan Wayang Kang Ching Wie menjadi salah satu pembaharuan wayang kulit Bali, hal tersebut menambah pada aspek-aspek pendukungnya tanpa terkecuali unsur-unsur pertunjukannya yaitu yaitu antawacana (dialektika), alur dramatik, gerak (tetikesan), pembabakan, setting dan iringan pertunjukannya. Wayang Kang Ching Wie oleh dalang I Dewa Gede Agung Sutresna menjadi sebuah pertunjukan wayang kulit inovatif yang diakui memiliki keunggulan terutama dalam antawacana atau olah vocal dan gaya berbicara khas Bangli yang mengandung unsur komedi sehingga membuat penonton terhibur, juga tetiksan atau gerak, penentuan pembabakan dan setting serta pemilihan iringan dalam pertunjukannya. Metode yang digunakan dalam mengkaji pertunjukan Wayang Kang Ching Wie yang dilakukan oleh dalang I Dewa Gede Agung Sutresna adalah metode penelitian kualitatif, menggunakan teknik penelitian berupa observasi, dan wawancara terbuka. Ruang lingkup pembahasan mengarah pada uraian  antawacana (dialektika), alur dramatik, tetikesan (gerak), pembabakan, setting dan iringan dalam pertunjukan Wayang Kang Ching Wie.  

Article Details

How to Cite
Intan Handayani, N. K., & Yudarta, I. G. (2020). Kajian Elemen Wayang Kulit Lakon Kang Ching Wie Oleh Dalang I Dewa Gede Agung Sutresna. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(1), 8–17. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1121
Section
Articles

References

Marajaya, I Made. 2015. “Buku Ajar Estetika Pedalangan”, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia,Denpasar.

Sugriwa, I Gusti Bagus. 1963. Ilmu Pedalangan/Pewajangan. Denpasar: Konservatori Karawitan Indonesia Djurusan Bali Denpasar

Sedana, I Nyoman. 1997 “Wayang Kontemporer dan Potensi di Masa Depan” Makalah yang dipresentasikan dalam Festival Walter Spies tahun 1997.

Sedana, I Nyoman. 2002 “Kawi Dalang : Creativity in Wayang Theatre” Disertasi untuk meraih gelar Doktor di University of Georgia

Widnyana, I Kadek. 2007. Pembelajaran Seni Pedalangan Bali Berdasarkan Teks Purwa-Wasana Kajian Budaya. diterbitkan CV. Kayumas Agung Denpasar.