Gamelan Angklung Sebagai Pengiring Paket Seni Pertunjukan Wisata

Main Article Content

I Wayan Suharta
I Wayan Sutirta
Rinto Widyarto

Abstract

Ketika terjadi hubungan antara masyarakat pemilik seni dengan masyarakat wisata, maka akan tercipta produk seni pertunjukan yang disesuaikan dengan kondisi dan potensi yang dimiliki. Sifat memberikan pengaruh yang demikian adalah peluang untuk menjadikan gamelan Angklung, lahir sebagai bentuk seni pertunjukan wisata. Merupakan adaptasi berdasarkan kondisi, disposisi, dan reprensi kultural masyarakat untuk mencapai keadaan sesuai tuntutan perkembangan masyarakat masa kini. Produk kesenian berupa paket seni pertunjukan wisata yang diiringi gamelan Angklung adalah kemasan bentuk kesenian bernuansa baru, agar gamelan Angklung memiliki fungsi yang lebih proporsional. Bentuk kreativitas dengan pembaharuan yang terjadi, masih tetap mengacu kepada bentuk serta kaidah-kaidah seni yang telah ada, tidak terlepas dari selera estetis seniman dan selera para wisatawan.

Article Details

How to Cite
Suharta, I. W., Sutirta, I. W., & Widyarto, R. (2016). Gamelan Angklung Sebagai Pengiring Paket Seni Pertunjukan Wisata. Kalangwan : Jurnal Seni Pertunjukan, 2(2). https://doi.org/10.31091/kalangwan.v2i2.130
Section
Articles

References

Bandem, I Made. 1983. Ensiklopedi Gamelan Bali. Denpasar: Proyek Penggalian, Pembinaan, Pengembangan Seni Klasik/Tradisionil dan Kesenian Baru Pemerintah Daerah Tingkat I Bali.

Dibia, I Wayan. 1993. "Karawitan Bali". STSI Denpasar.

___________.1997. "Seni Pertujukan Turistik dau Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Bali". Jurnal Seni

Budaya Mudra, V, 29. STSI Denpasar: UPT Penerbitan.

____________. 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

____________.2013. Puspasari Seni Tari Bali. Denpasar : UPT. Penerbitan ISI Denpasar.

Pitana, I Gde. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sedyawati, Edi. 1981. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta : Sinar Harapan.

Soedarsono, R.M. 1998. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Ditjen Dikti Departemen P dan K Jakarta.

Sukerta, Pande Made. 2002. "Kehidupan dan Perkembangan Gamelan Angklung : Bentuk dan Fungsi Sosialnya yang Dihadapkan dengan Konsep Desa Kala Patra". Dalam Jurnal Seni Budaya Mudra, Volume 10, No. 1. Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar : UPT Penerbitan.