Triad Psikoanalisis Lacan Pada Tokoh Seth Dalam Film “City Of Angels”

  • Gede Basuyoga Prabhawita Program Studi Produksi Film dan Televisi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar, Jl. Nusa Indah, Sumerta, Denpasar, Bali 80235, Indonesia.
Keywords: triad psikoanalisis, jacques lacan, film

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana triad psikoanalisis Lacan mampu menjelaskan secara rinci tentang bagaimana menganalisis perkembangan manusia dari lahir, tahap cermin, akses pada bahasa dan kematangan subjek di dalam budaya. Psikoanalisis mencoba memahami bagian tidak sadar manusia dalam pembentukan identitas diri. Konsep 3 kata kunci psikoanalisis Sigmund Freud kemudian berkembang ditangan Jacques Lacan  dan mampu menjabarkan psikologi subjek atau manusia, yaitu The Real, The Imaginary dan The Symbolic. Film “City of Angels” menceritakan tentang kisah cinta dua insan yang berbeda dimensi, antara malaikat dan manusia. Sang malaikat yang diperankan oleh Nicholas Cage (Seth) jatuh cinta pada seorang dokter bedah jantung yang diperankan oleh Meg Ryan (Maggie Rice). Tokoh Seth dalam cerita ini menggambarkan fase awal kehidupan manusia yang dimulai dari The Real, The Imaginary hingga fase The Symbolic. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang didukung oleh studi pustaka terkait, sedangkan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan memahami psikologi tokoh Seth dalam memenuhi hasratnya menjadi seorang manusia. Data disajikan dalam bentuk deskripsi teks naratif berupa kata-kata, pendapat dan gagasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga kata kunci Lacan membantu penonton film “City of Angels” untuk memahami dan memaknai secara psikologi tokoh Seth yang memutuskan melangkah dari dunia yang tidak terbahasakan, menuju dunia hasrat yang diatur oleh hukum-hukum yang mengikat.

References

A Partanto, Pius dan M. Dahlan Al Barry. (1994), Kamus Ilmiah Populer, Arkola, Surabaya.

Ali, Matius. (2010), Psikologi Film Membaca Film Lewat Psikoanalisis Lacan-Zizek, Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta, Jakarta.

Ben-Shaul, Nitzan. (2007), The Key Concepts Film, BERG Oxford, New York.

Iriani, Zuky. (akses 3 Juli 2014), Teori Sosial: Jacquces Lacan,https://www.academia.edu/5356403/
teori_sosial_jacques_lacan.

Riyadi, Sugeng. (akses 5 Juli 2014). Mengenal Psikoanalisis Jacques Lacan, http://hmiumby.
blogspot.com.2011/01/mengenal-psikoanalisis-jaques-lacan.html.

Stam, Robert. (2000), Film Theory An Introduction, Blackwell, Department of Cinema Studies, New York.

Supriadi. (akses 6 Juli 2014), Pesona Hasrat Dalam Psikoanalisis-sturktural Jacques lacan, http://revolution-kumpulanteori.blogspot.com/2010/12/teori-jacques-lacan.html.
Published
2019-11-29
How to Cite
Basuyoga Prabhawita, G. (2019). Triad Psikoanalisis Lacan Pada Tokoh Seth Dalam Film “City Of Angels”. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 85-89. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/914
Section
Articles