Media Promosi Dramatari Tektekan Calonarang Di Puri Anyar Kerambitan Tabanan

Main Article Content

Wijaya Nova Agung Rama
Hendra Santosa
Udayana A.A. Gde Bagus

Abstract

Penciptaan ini bertujuan untuk membuat media promosi bagi Dramatari Tektekan Calonarang di Puri Anyar Kerambitan. Saat ini Puri Anyar Kerambitan belum mempunyai media promosi yang baik untuk memperkenalkan Puri Anyar Kerambitan kepada masyarakat secara luas. Untuk itu solusi mengatasi masalah yang dihadapi Puri Anyar Desa Baturiti Kerambitan Tabanan adalah membuat media komunikasi visual yang bersifat informatif, komunikatif dan estetik. Peranan Desain Komunikasi Visual dalam kasus bertujuan untuk  promosi pementasan dramatari Tektekan Calonarang di Puri Anyar Desa Baturiti Kerambitan Tabanan kepada masyarakat luas baik lokal, nasional maupun internasional. Untuk menciptakan karya Desain Komunikasi Visual Untuk Promosi Dramatarai Tektekan Calonarang Di Puri Anyar Kerambitan Tabanan, terdapat dua pokok rumusan ide penciptaan meliputi, (1) Bagaimana proses penciptaan Desain Komuniasi Visual Untuk Promosi  Dramatari Tektekan Calonarang ?, (2) Bagaimana bentuk Desain Komuniasi Visual Untuk Promosi Dramatari Tektekan Calonarang ? Teori yang digunakan untuk medukung karya teori Desain Komunikasi Visual, Teori Estetika, dan Teori Semiotika. Metode penciptaan yang dilakukan adalah mengeksplorasi Tektekan Calonarang, menerapkan teori desain, estetika, dan semiotika serta unsur-unsur visual ke dalam proses penciptaan, serta melalui tahapan-tahapan penciptaan desain komunikasi visual. Membentuk wujud Desain Komunikasi Visual promosi berupa website, poster, billboard, t-shirt, katalog, instagram dan video promosi.

Article Details

How to Cite
Nova Agung Rama, W., Santosa, H., & A.A. Gde Bagus, U. (2019). Media Promosi Dramatari Tektekan Calonarang Di Puri Anyar Kerambitan Tabanan. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 63–72. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/778
Section
Articles

References

Ananda, Maya. Seluk Beluk Reklame dalam Dunia Perdagangan. Jakarta : Mutiara, 1978.

Ambrose, G., & Haris, P.. Basic Design Layout (2nd ed). London : AVA Publishing SA. 2011.

Asep Herman Suyanto. Step by Step Web Design Theory and Practices. Yogyakarta: Andi Offset. 2007.

Binanto, Iwan. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset, 2010

Budiman, Kris. Semiotika Visual; Konsep, Isu dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra, 2011.

Djelantik, A.A.M. 1990. “Pengantar Dasar Ilmu Estetika†Jilid I Estetik Instrumental, Denpasar : STSI Denpasar.

Hasil-Hasil Seminar. 1971. Seni Sakral dan Profan Bidang Tari. 24--25 Maret 1971. Denpasar: Proyek Pemeliharaan & Pengembangan Kebudayaan Daerah Bali.

Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta ; C.V. Andi Offset, 2007.

Margono, S. Metodologi Penelitian Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka, 1997

Pujiriyanto. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta ; C.V Andi Offset, 2005.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. Nirmana, Dasar-Dasar Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra, 2009.

Sanyoto, Ebdi. Dasar-dasar tata Rupa dan Desain. Yogyakarta. Java Pustaka, 2005

Sarwono, J & Lubis, H. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2007

Sarpa, I Gusti Made. Tektekan Di Kerambitan, Denpasar : Proyek Sasana Budaya Bali, 1976/1977

Shimp, Terence. PEriklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I Edisi 5, Jakarta: Erlangga, 2003

Surianto, Rustan. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Tinarbuko, Sumbo. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra, 2009

Jurnal

Ruastiti, Ni Made. Seni Pertunjukan Pariwisata Bali Kemasan Baru Dalam Perspektif Kajian Budaya.(Disertasi).Denpasar : Program Pascasarjana Universitas Udayana, 2008

Sariada, I Ketut. Komodifikasi Tektekan Calonarang Di Desa Baturiti Kerambitan Tabanan.(Disertasi).Denpasar : Program Pascasarjana Universitas Udayana, 2016.

Udayana, A. A. Marginalisasi Ideologi Tri Hita Karana Pada Media Promosi Pariwisata Budaya Di Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(1).http://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.4, 2017.

Sudana, I Wayan. 1996. “Dramatari Calonarang Sebuah Seni Pertunjukan Ritual Magis di Desa Batubulan Baliâ€, (Tesis). Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Sulastriani, Ni Wayan. 2001. “Tari Tektekan di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabananâ€, (Tesis). Denpasar: Program Magister Ilmu Agama dan Kebudayaan Program Pascasarjana, Universitas Hindu Indonesia Denpasar.