“Belenggu Benalu”: Komposisi Kolaborasi-Interpretatif mengenai Pengaruh Akulturasi Budaya Barat pada Musik Batak Toba “Uning-uningan”

  • Oang Gabriel Matanari Komposer dan Arranger
  • I Komang Darmayuda Program Studi Musik, Institut Seni Indonesia Denpasar.
  • Ni Wayan Ardini Program Studi Musik, Institut Seni Indonesia Denpasar.
Keywords: akulturasi budaya, Batak Toba, Gondang, Uning-uningan, keyboard, “Belenggu Benalu”

Abstract

Budaya asing yang masuk ke tanah Batak di Sumatera Utara, Indonesia, membawa pengaruh yang besar bagi perkembangan musik Batak Toba atau Uning-uningan, yaitu ansambel hasil transformasi antara Gondang Hasapi yang terdiri atas Sarune Etek, Hasapi Doal, Hasapi Ende, Garantung, serta Hesek, dengan Gondang Sabangunan/Bolon (Taganing, Ogung (Gong), Odap, dan Hesek serta Sarune Bolon). Dalam perkembangan zaman ini, sebagian besar acara adat Batak Toba menyajikan konsep musik Uning-uningan dengan iringan keyboard, bahkan dalam banyak situasi, ketika terdapat keterbatasan dana di dalamnya, otomatis ada ruang yang besar bagi pemain organ tunggal untuk mengaplikasikan repertoar-repertoar musik Uning-uningan hanya dengan keyboard-nya. Hal tersebut tentunya memberikan pengaruh negatif bagi eksistensi musik tradisional Batak Toba ini. Alhasil pengaruh yang terjadi akibat budaya Barat mampu menarik minat masyarakat Batak Toba, sehingga masyarakat Batak Toba lebih menyukai konsep musik Uning-uningan dengan iringan keyboard. Oleh sebab itu, keprihatinan penulis sekaligus komposer dalam menanggapi pengaruh akulturasi terhadap eksistensi musik tradisi Batak Toba dituangkan dalam komposisi musik dengan judul “Belenggu Benalu”. Melalui komposisi musik ini penulis berharap masyarakat Batak Toba, khususnya para musisi Batak sadar dan turut berpartisipasi dalam melestarikan serta menjaga Uning-uningan dan musik tradisional Batak lainnya sebagai salah satu identitas dari keragaman seni dan budaya Indonesia.  Foreign culture that enters Batak land in North Sumatera, Indonesia, has a great influence on the development of the Batak Toba music or Uning-uningan (an ensemble transformed between Gondang Hasapi consisting of Sarune Etek, Hasapi Doal, Hasapi Ende, Garantung, as well as Hesek and Gondang Sabangunan/Bolon (Taganing, Ogung (Gong), Odap, Hesek and Sarune Bolon). Nowadays, most of the traditional Batak Toba ceremonials present the concept of Uning-uningan music with keyboard accompaniment, especially in the situations that there is a budget limitation which gives a large space for single organ players (keyboardist) to apply Uning-uningan musical repertoires only with an instrument (i.e. the keyboard). This certainly gives negative influence on the existence of the Batak Toba traditional music. As a result the influence that happened because of the western culture makes the people of Batak Toba prefers the musical concept of Uning-uningan with keyboard accompaniment. Therefore, the concern of the author and composer in responding to the influence of acculturation on the existence of Batak Toba traditional music is outlined in musical composition entitled “Belenggu Benalu”. Through this music composition hopefully the people of Batak Toba, especially Batak musicians are aware and participate in preserving and maintaining Uning-uningan and other traditional Batak music as one of the identities of the Indonesian art and culture diversity.

References

Ariesta, I Made Jacky; Ardini, Ni Wayan; Darmayuda, I Komang; Sumerjana, Ketut. 2018. “Analisis Bentuk dan Struktur Komposisi ‘Morning Happiness’ Gus Teja”, Journal of Music Science, Technology, and Industry, Vol. 1, No. 1, Oktober, http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/article/view/504. Date accessed: 05 December 2018.

Arom, Simha. 1991. African Polyphony and Polyrhythm: Musical Structure and Methodology. Cambridge: Cambridge University Press.

Banoe, Pono. 2011. Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

BPKP. “Profil Provinsi Sumatera Utara”. Diambil dari http://www.bpkp.go. id/sumut/konten/236/.

Butarbutar, Danny Melani. 2017. Hasapi dan Sarune Batak. Diambil dari http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=12&jd=Hasapi+dan+Sarune+Batak&dn=20171205024600. Date accessed: 05 Desember 2017.

Dalimunthe, Awal Ahmad Syahputra. 2012. “Fungsi, Teknik Permainan Instrumen dan Bentuk Penyajian Musik Tradisional Gondang Hasapi Keluarga Seni Batak Japaris Bagi Masyarakat Batak Toba di Yogyakatra”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Seni dan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Dellyana, Dina dkk. 2015. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Industri Musik Nasional 2015-2019. Jakarta: PT. Republik Solusi.

Ernawati, Jenny. 2011. “Faktor-faktor Pembentuk Identitas Suatu Tempat”. Jurnal Online: Local Wisdom, Vol. 3, No. 2: 01-09. Diambil dari http:// www.academia.edu/download/32185331/43_07th-1-jolw3_2.pdf.

Fardian. 2017. “Jejak”. Skrip Karya. Program Studi Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar: tidak diterbitkan.

Harahap, Irwansyah dan Rithaony Hutajulu. 2004. Gondang Batak Toba. Medan: PAST UPI.

Mahardika, Komang Wira Adhi. 2017. “Lullabybianu”. Skrip Karya. Program Studi Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar: tidak diterbitkan.

Mahardika, Komang Wira Adhi. 2018. “Lantunan Masa Kecil dalam ‘Lullabybianu’”, Journal of Music Science, Technology, and Industry, Vol. 1, No. 1, Oktober, http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/article/view/26. Date accessed: 05 December 2018.

Koentjaraningrat. 1999. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Mark, Dieter. 2014. Sejarah Musik Jilid 4. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Meilani, Theresha. 2017. “Uning-uningan: Pencatatan Artikel”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari: https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/wbtb/?newdetail&detailCatat=710 (3 Mei 2017).

Mudjilah, Hanna Sri. 2010. Teori Musik 1. Diktat. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Mudjilah, Hanna Sri. 2010. Teori Musik 2. Diktat. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Naranatha, Kadek. 2017. “Svara Nirmala”. Skrip Karya. Program Studi Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar: tidak diterbitkan.

Prier SJ, Karl Edmund. 2004. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier SJ, Karl Edmund.. 2012. Ilmu Harmoni. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.

Prier SJ, Karl Edmund. 2014. Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Purba. Mauly. 2002. Gondang Sabangunan Ensemble Music of The Batak Toba People: Musical Instruments, Structure, and Terminology, dalam Journal of Musicological Research Vol. 21 No. 1-2, 2002. England dan Wales: Routledge. (http://www.tandfonline.com/loi/gmur20)

Sukohardi, Al. 2012. Edisi Revisi Teori Musik Umum. Yofyakarta: Pusat Musik Liturgi Yogyakarta.

Sunaryo dan Erlin Rechman. 2006. “Keanekaragaman Jenis Benalu Parasit pada Tanaman Koleksi di Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur”, dalam E-Journal Teknologi Lingkungan, Edisi Khusus Hari Lingkungan Hidup (http://opac.geotek.lipi.go.id/index.php?p=show_detail&id=2930).

Suweca, I Wayan. 2009. Buku Ajar Estetika Karawitan. Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar.

The Liang Gie. 1996. Filsafat Seni: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna (PUGIB).

Diskografi

Anonim1. 1992. “Batak of North Sumatra”. Album mp3.

Anonim2. 1999. “Sumatra: Musiques des Batak-Karo, Toba & Simalungun”. Album mp3.

Hamasyan, Tigran. 2009. “Red Hail”. Album mp3.

Hamasyan, Tigran. 2010. “A Fable”. Album mp3.

Hamasyan, Tigran. 2013. “Shadow Theater”. Album mp3.

Hamasyan, Tigran. 2015. “Luys i Luso (ECM)”. Album mp3.

Hamasyan, Tigran. 2015. “Mockroot”. Album mp3.

Hamasyan, Tigran. 2017. “An Ancient Observer”. Album mp3.

Hamasyan, Tigran. 2018. “For Gyumri”. Album mp3.

Partopi Tao Group. 2004. “Instrumental Original Tapanuli”, Vol. 1. Album mp3.

¬¬¬Partopi Tao Group. 2004. “Instrumental Original Tapanuli”, Vol. 2. Album mp3.

¬¬¬¬¬¬¬¬Partopi Tao Group. -. “Instrumental Original Tapanuli”, Vol. 3. Album mp3.

Sianipar, Viky. 2003. “Toba Dream”. Album mp3.

Sianipar, Viky. 2003. “Toba Dream”, Vol. 2. Album mp3.

Sianipar, Viky. 2007. “Toba Dream”, Vol. 3. Album mp3.

Sianipar, Viky. 2014. “Toba Dream”, Vol. 4. Album mp3.

Sianipar, Viky. 2017. TobaDream The Rising Stars. Album mp3.

Sihombing, Korem. 2016. Raja seruling Batak. Album mp3.

Sitohang, Posther. 2005. Tradisional Batak: Gondang Uning Uningan Modern, Vol. 2. Album mp3

Published
2019-01-15
How to Cite
Matanari, O. G., Darmayuda, I. K., & Ardini, N. W. (2019). “Belenggu Benalu”: Komposisi Kolaborasi-Interpretatif mengenai Pengaruh Akulturasi Budaya Barat pada Musik Batak Toba “Uning-uningan”. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 2(1), 85-112. https://doi.org/10.31091/jomsti.v2i1.612
Section
Articles