Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN JOMSTI

 

  • Artikel dibuat dalam bahasa Indonesia atau Inggris, orisinal (bukan jiplakan), dan belum pernah atau tidak sedang dalam proses dipublikasikan dan/atau dikirimkan untuk dipublikasikan ke terbitan lainnya.
  • Identitas penulis ditulis lengkap tanpa gelar dan bila terdiri atas beberapa penulis dengan instansi yang berbeda, di belakang setiap nama diberikan indeks.
  • Di bawah nama penulis ditulis nama instansi penulis (kalau ada) dan alamat email penulis.
  • Panjang artikel 10 sampai 15 halaman atau menyesuaikan dengan isi dan sifat studi yang mendasari artikel, spasi 1,5, huruf MS Word dengan tipe Arial, ukuran 12.
  • Judul dibuat singkat dan jelas serta tidak lebih dari 15 kata.
  • ABSTRAK/ABSTRACT, antara 200 hingga 250 kata, dilengkapi dengan kata-kata kunci pada bagian bawah halaman yang diurutkan berdasarkan kepentingannya. Abstrak dibuat dalam satu paragraf yang mengandung (1) tujuan studi, (2) metode yang digunakan, (3) hasil studi serta pembahasannya, dan (4) implikasi/makna/penerapan/tindak lanjut hasil studi.
  • PENDAHULUAN/ INTRODUCTION, berisi latar belakang, ruang lingkup, studi-studi terkait, serta tujuan dan manfaat studi.
  • METODE/METHODS, mengandung uraian rinci dan jelas mengenai bahan dan metode yang digunakan, proses pencarian data, dan cara analisis data.
  • HASIL DAN PEMBAHASAN/ RESULTS AND DISCUSSION ditulis secara bersama-sama. Setiap hasil disertai dengan pembahasan. Pembahasan dikaitkan dengan hasil studi dari laporan-laporan yang ada sebelumnya atau saat ini, baik dari sumber penulis sendiri maupun dari sumber artikel orang lain. Hindari pengulangan pernyataan yang sudah ditulis sebelumnya. Artikel dimungkinkan untuk dilengkapi tabel, grafik, bagan, peta, dan foto.
  • SIMPULAN DAN SARAN/ CONCLUSION AND RECOMMENDATION. Simpulan wajib dibuat sedangkan saran atau rekomendasi bersifat opsional. Simpulan disajikan secara terpisah dari hasil dan pembahasan. Saran (jika ada) disajikan secara terpisah dari simpulan. 
  • UCAPAN TERIMA KASIH/ ACKNOWLEDGMENT (jika ada), ditujukan kepada pihak-pihak yang telah membantu baik melalui fasilitas maupun pendanaan serta pihak-pihak yang telah membantu proses studi dan/atau penulisannya.
  • REFERENSI/REFERENCES ditulis dengan model Harvard, disusun secara alfabetis menurut nama dan tahun terbit. Referensi hanya memuat sumber-sumber yang memang digunakan dalam artikel.
  • DAFTAR PUSTAKA. Semua rujukan yang dikutip dalam naskah artikel atau hasil penelitian ilmiah harus tercantum dalam daftar pustaka. Daftar pustaka diketik 1 spasi dan disusun berdasarkan abjad.
  1. Diutamakan sumber pustaka: jurnal, paten, disertasi, tesis dan proseding aktual.
  2. Merujuk pada naskah yang telah diterbitkan di Jurnal Nasional dan Internasional.
  3. Pustaka dari internet (sumber online) yang dapat digunakan adalah jurnal dan pustaka dari instansi pemerintah atau swasta.

 

  • KETENTUAN PENGUTIPAN DENGAN BODYNOTE
  1. Penulisan nama penulis dalam kutipan cukup 1 kata pada nama akhir penulis jika nama terdiri dari dua kata atau lebih: Suka Hardjana, cukup ditulis Hardjana; Dieter Mack, cukup ditulis Mack
  2. Sumber kutipan ditulis di awal kalimat atau awal teks:

1)  Satu sumber kutipan dengan satu penulis: Griffiths (dalam Ardini) menyatakan bahwa...; jika disertai dengan halaman: Griffiths (2010: 23) berpendapat bahwa...; Menurut Hardjana (2004: 197) ...

2)  Satu sumber kutipan dengan dua penulis: Harnish dan Rasmussen (2011: 20) …

3)  Satu sumber kutipan lebih dari dua penulis: Hansen et al. (2012: 93) …

  1. Sumber kutipan ditulis di akhir kalimat atau akhir teks:

1)  Satu sumber kutipan dengan satu penulis: ... (Hardjana, 2004) ; jika disertai dengan halaman:.......... (Hardjana, 2004: 197)

2)  Satu sumber kutipan dengan dua penulis: ... (Harnish dan Rasmussen, 2011: 20)

3)  Satu sumber kutipan lebih dari dua penulis: … (Hansen et al, 2012: 93)

  1. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Rice, 2001, 2007); jika nama dan tahun publikasi sama: (Rice, 2007, 2007a).
  2. Sumber kutipan berupa banyak pustaka dengan penulis yang berbeda-beda: (Frith, 1997; Harnish dan Rasmussen, 2011; Guan et al., 2000).
  3. Sumber kutipan tidak menyebut nama penulis, tetapi menyebut suatu lembaga atau badan tertentu: Badan Pusat Statistik (2006).
  4. Sumber kutipan tidak menyebut nama penulis, tetapi menyebut suatu peraturan atau undang-undang: Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017.......; Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2014......; Pernyataan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesenian Nomor 85 Tahun 2014......
  5. Kutipan berasal dari sumber kedua: Griffiths (2010)  dalam Ardini (2016: 23).......; Paul Griffiths (lihat Ardini, 2016: 23).....; Paul Griffiths (2010) seperti dikutip Ardini (2016: 23).... [Catatan: daftar pustaka hanya mencantumkan referensi yang merupakan sumber kedua].

 

  • Pengiriman Tulisan. Tulisan dikirim kealamat email Journal of Music, Science, Technology, and Industry, yakni : [email protected] Tulisan yang diterima akan melewati proses editing dan review. Korespondensi dilakukan antara pengelola dan penulis dalam proses tersebut.
  • Ketentuan Orginalitas. Untuk menghindari praktek plagiarisme, pengelola Jomsti menyarankan untuk menggunakan software Plagiarism Checker dengan ambang batas 30%. Oleh karena itu, penulis dimohon menghindari penggunaan kalimat yang identik dengan sumber secara berlebihan atau copy paste dari tulisan lain. Praktik plagarisme, bila terjadi, di luar tanggung jawab pengelola jurnal.