Kampanye Sosial Memilah dan Mengolah Sampah Organik maupun Anorganik di Dusun Pucukan

Main Article Content

Aileena Solicitor C.R.E.C
Danang Mahardika Putra
Ronaa Huwaidaa Hapsari
Mitha Karima Dewi
Gita Ady Rahmanzah
Aswin Adiguna P
Faisal Fathqurrahman J

Abstract

Permasalah lingkungan yang terdapat di Dusun Pucukan merupakan masalah yang kompleks. Masalah ini adalah masalah sampah. Kondisi geografis yang menyebabkan kurangnya tempat pembuangan sampah menjadi salah satu penyebab sampah menumpuk dan tersebar, apalagi kesadaran warga dan pengetahuan dalam mengelola sampah juga kurang. Jika masalah ini tidak segera diselesaikan, masalah sampah ini dapat menyebabkan masalah lain seperti masalah kesehatan. Kampanye sosial ini dilakukan berdasarkan riset dengan metode kualitatif dan kuantitatif berupa kuesioner, observasi, dan wawancara mendalam, sehingga ditemukan data bahwa Dusun Pucukan membutuhkan tempat sampah. Tetapi pembuatan tempat sampah saja tidak cukup, sampah perlu dipilah-pilah berdasarkan jenisnya. Dengan membuat gerakan “Milah Milih†memudahkan warga dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan sampah anorganik dan organik, sehingga akan memudahkan warga dalam mengolah sampah.

Article Details

How to Cite
Solicitor C.R.E.C, A., Putra, D. M., Huwaidaa Hapsari, R., Dewi, M. K., Rahmanzah, G. A., Adiguna P, A., & Fathqurrahman J, F. (2019). Kampanye Sosial Memilah dan Mengolah Sampah Organik maupun Anorganik di Dusun Pucukan. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.31091/sw.v7i1.680
Section
Articles

References

Adler, Patricia A., & Adler, Peter. 1987. Membership Roles in Field Research. Newbury Park, CA: Sage Publication.

Bella Martin, Bruce Hanington. 2012. Universal Method of Design: 100 Way to Research Complex Problems, Develop Innovative Ideas, And Design Effective Solutions. United States of America: Rockport Publisher.

Budiman, Arif. 2001. Modifikasi Desain dan Uji Untuk Kerja Alat Pembakar Sampah (incinerator) Tipe Batch.http://repository.ipb.ac.id/handle/123456 [Diakses 3 April 2014].

Dwidinita, Dhita dan Endrotomo. 2016. Jurnal Sains dan Seni ITS Vo. 5, No. 2. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Gelbert M, Prihanto D, dan Suprihatin A, 1996. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall Chart”. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup. Malang: PPPGT/VEDC.

Hadiwiyoto, S. (1983). Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta: Yayasan Idayu.

Hurek, Lambertus. 2014. Mengunjungi Sekolah di Tambak Pucukan Sidoarjo [Internet]. (http://hurek.blogspot.com/2014/03/mengunjungi-sekolah-di-tambak pucukan.html?m=1, diakses tanggal 30 Oktober 2018).

Kuncoro, Sejati. 2009. Pengolahan Sampah Terpadu. Yogyakarta: Kanisius.

Nugroho, Panji. 2013. Panduan Membuat Kompos Cair. Jakarta: Pustaka Baru Press.

Rogers, E. M., & Storey, J. D. Communication Campaigns. In C. Berger & S. Chaffee (Eds.). Newbury Park, CA: Sage. 1987.

Santosa, Sigit. Advertising Guide book. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Standart Nasional Indonesia Nomor SNI-19-2454-2002 tentang Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan, Badan Standar Nasional (BSN).

Saribanon, N. 2007. Perencanaan Sosial Partisipatif dalam Pengelolaan Sampah Permukiman Berbasis Masyarakat Kasus di Kotamadya Jakarta Timur. Disertasi. Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dalam mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Jakarta: PT. Simbiosa Rekatama. Media