Implikatur Percakapan Dalam Proses Negosiasi Penjual Pakaian dan Pembeli di Pasar Pagi Kota Samarinda (Analisis Pragmatik)

Main Article Content

Alam Fahdil Fatoni
Lisa Setiawati
Ahmad Mubarok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implikatur percakapan dalam proses negosiasi penjual pakaian dan pembeli di Pasar Pagi Kota Samarinda. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Metode penyediaan data menggunakan dengan metode simak dengan teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SLBC), teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data, penelitian ini menggunakan metode agih dan padan untuk mengungkap makna dalam teks. Teori yang digunakan adalah teori implikatur percakapan dari Grice. Teori implikatur percakapan Grice mengungkapkan bahwasanya kerja sama merupakan prinsip yang mengatur rasionalitas-rasionalitas percakapan dan membentuk struktur kontribusi terhadap percakapan kita sendiri, serta membangun interpretasi kontribusi orang lain. Hasil analisis dan interpretasi data mendeskripisikan bentuk implikatur percakapan dalam proses negosiasi penjual pakaian dan pembeli di Pasar Pagi Kota Samarinda terdiri dari dua, yaitu implikatur percakapan sebagai akibat pelanggaran maksim kuantitas dan implikatur percakapan sebagai bentuk pematuhan maksim kuantitas. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengkajian pragmatik, khususnya implikatur percakapan, sehingga kajian di bidang pragmatik dapat semakin berkembang.  

Article Details

How to Cite
Fatoni, A. F., Lisa Setiawati, & Ahmad Mubarok. (2023). Implikatur Percakapan Dalam Proses Negosiasi Penjual Pakaian dan Pembeli di Pasar Pagi Kota Samarinda (Analisis Pragmatik). Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.31091/sw.v11i2.2178
Section
Articles

References

Cummings, L. (2019). Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djatmika. (2014). Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sumiyati, A., Supriadi, O., & Hartati, D. (2021). Presuposisi dan Implikatur pada Negosiasi di Pasar Telagasari serta Implementasinya pada Teks Negosiasi sebagai Bahan Ajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3287-3295.

Yukti, N. M., Artika, I. W., & Rasna, I. W. (2018). Prinsip Kerja Sama dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Banyuasri dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 129-140.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Samarinda. (2022). Pasar Pagi :: BAPOKTING - Dinas Perdagangan. Diakses 23 November 2022, dari disdag.samarindakota.go.id: https://disdag.samarindakota.go.id/bapokting/pasar-tradisional/pasar-pagi