Bentuk Implikatur Ilokusi Antar Pedagang dan Pembeli di Pasar Pagi

Main Article Content

Rizqa Zhafira
Awang Gandi Sebastian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan tindak tutur ilokusi yang terjadi antar pedagang dan pembeli di Pasar Pagi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah rekaman suara dan simak catat. Lokasi penelitian diadakan di Pasar Pagi Kecamatan Samarinda Kota. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindak tutur ilokusi kajian pragmatik untuk mengetahui tindak tutur ilokusi pada interaksi pedagang dan pembeli di Pasar Pagi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ialah munculnya dua wujud tindak tutur direktif, dua wujud tindak tutur komisif, dan satu tindak tutur deklarasi.

Article Details

How to Cite
Rizqa Zhafira, & Awang Gandi Sebastian. (2023). Bentuk Implikatur Ilokusi Antar Pedagang dan Pembeli di Pasar Pagi. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 11(2), 65–69. https://doi.org/10.31091/sw.v11i2.2175
Section
Articles

References

Mutmainnah, Ainun. 2019. Tindak Tutur Ilokusi Pada Pedagang Di Pasar Butung Makasar (Tinjauan Pragmatik). Makasar: Universitas Muhammadyah.

Nahdiat, Siska Azizatun. 2018. “Tindak Tutur Komisif Pada Pedagang Di Pasar Umum Aikmel Menggunakan Kajian Pragmatik.”

Olagunju, S. (2016). Pragmatic functions in 2010 world cup football matches in selected print media in nigeria. Nigeria: An International Peer review Journal. Vol. 23.

Purwo, B.K. (1990). Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984.Yogyakarta: Kanisius.

S, Siti Nurkhalizah, I. Wayan Simpen, and Ni Putu N. Widarsini. 2020. “Bentuk Tindak Tutur Ilokusi Dalam Program Ini Talk Show NET TV.” 24(August 2019):39–45.