Pelatihan Menggambar Ornamen Tradisional Bali di Panti Asuhan Yayasan Dharma Jati II Penatih Denpasar

Main Article Content

Mercu Mahadi
I Nyoman Ngidep Wiyasa
I Gusti Ngurah Agung Jaya CK

Abstract


Pada Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini yang dijadikan sebagai mitra adalah Yayasan Dharma Jati II yaitu sebuah Panti Asuhan Hindu yang membina anak-anak  yatim piatu, miskin dan anak terlantar yang beralamat di Jalan Trengguli no. 80 Desa Penatih  Denpasar Bali. Tujuan dari program ini adalah untuk memberi solusi dari salah satu masalah yang sedang dihadapi oleh yayasan tersebut,yakni mengenai masalah yang terkait dengan kegiatan pengembangan diri diluar kegiatan formal.Terkait dengan masalah tersebut, maka dalam pengabdian ini berupaya untuk berkontribusi dengan menawarkan suatu solusi, yaitu memberi pelatihan tentang menggambar Ornamen tradisional Bali. Metoda pelatihan dilakukan dengan metode porposive sampling dengan menentukan sebanyak 10 orang peserta. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan didukung dengan metode penyampaian pengetahuan atau transfer of knowledge yakni: (1) Ceramah yaitu metode menyampaikan materi pelajaran dengan cara penuturan lisan kepada peserta didik pada waktu dan tempat tertentu, dilakukan untuk menyampaikan materi pelatihan mengenai pengertian Ornamen, fungsi dan alat yang diperlukan; (2) Metode demonstrasi adalah penyajian pelajaran dengan memperagakan  kepada peserta pelatihan tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekadar tiruan;(3) Observasi yaitu dengan mengamati hasil gambar yang dibuat serta untuk memantau perkembangan para peserta selama mengikuti pelatihan;(4) Metode Wawancara, dilakukan untuk menggali informasi tentang pengetahuan peserta pelatihan,sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan tersebut mereka dapat membuat gambar ornamen tradisional Bali sebagai bekal pengetahuan dalam menjalani kehidupan di masa depan. Adapun Target Luaran publikasi, yaitu berupa artikel yang akan dipublikasikan pada jurnal ilmiah, Video kegiatan akan diunggah ke youtube dan terdaftar pada HKI.


Article Details

How to Cite
Mahadi, M. ., Ngidep Wiyasa, I. N. ., & Jaya CK, I. G. N. A. . (2022). Pelatihan Menggambar Ornamen Tradisional Bali di Panti Asuhan Yayasan Dharma Jati II Penatih Denpasar. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 10(2), 95–105. https://doi.org/10.31091/sw.v10i2.2153
Section
Articles

References

Agung Jaya Ck,I Gusti Ngurah (2015) Pepalihan dan Ragam Hias pada Wadah Penerapan Lontar Yama Tattwa.Documentation. ISI Denpasar.

Anonim, (1992) Ensiklopedi Indonesia, Ichtiar Baru van Hoeve.

Arimbawa, dkk (2020) Pelatihan Peningkatan Kompetensi Komputer Desain Dalam Merancang Produk Kriya Bagi Disabilitas Di Yayasan Bunga Bali, LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar.

Armai, Arief (2002) Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.Asshiddiqie, Jimly dan Hafid Abbas (2012) Hak Asasi Manusia dalam Konstitusi Indonesia, Jakarta: Kencana.

Bappeda Bali (1975) Arsitektur tradisional Bali, Dept.Dalam Negeri Propinsi Daerah tingkat I Bali.

Dantes, I Nyoman (2005) Konsep dan prinsip penilaian hasil belajar, Semiloka karya Penjaminan Mutu, ISI Denpasar.

Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar (2005) Motif-Motif Ukiran Bali, Diperbanyak oleh Disbud Kabupaten Gianyar.

Gelebet, I Nyoman (1985) Arsitektur Tradisional Daerah Bali, Depdikbud Propinsi BaliGeria, A.A. Gede (2005) Motip-motip Ukiran Bali, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar LP2MPP (2020) Panduan Program Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Seni Indonesia Denpasar

Mayun, Ida Bagus, Arsitektur Tradisional Daerah Bali, Departemen P dan K Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah 1981.

Nala dan Wiratmaja (1997) Murddha Agama Hindu, Denpasar:Upada Sastra.

Radiawan, Made, dkk (2012) Seni dan Ornamen Tradisi Bali, penerbit FSRD ISI Denpasar

Ratna, Kutha (2010) Metode Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina (2009) Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A.M. (2001) Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Subekan,Achmat (2014) Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh Negara, Balai Diklat BPPK Kemenkeu.go.id, Malang

Susanto, Mieke (2003) Membongkar Seni Rupa, Jendela, Yogyakarta.

Wiryani,AA, Rai (1975) Tinjauan beberapa segi dari Hasta Kosali, Skripsi, UNUD