Kajian Etnografi Pada Seniman I Nyoman Raos di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Main Article Content

Gede Basuyoga Prabhawita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas I Nyoman Raos sebagai seniman tari Barong dari Desa  Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar-Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa aktivitas keseharian kehidupan seniman. Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan tahapan mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, menganalisis berdasarkan teori yang dirumuskan, dan menarik kesimpulan. Etnografi berkonsentrasi pada detail kehidupan lokal dan pada saat yang sama mengaitkan mereka dengan proses-proses sosial yang lebih luas. Hasilnya menunjukan bahwa seniman I Nyoman Raos yang tumbuh di lingkungan yang masih mengusung kehidupan beragama yang menghadirkan kreatifitas budaya berlandaskan nilai-nilai agama dan kehidupan sosial adat istiadat yang sudah menjadi tatanan sosial yang harus dijalani sebagai anggota masyarakat. I Nyoman Raos menjadi seorang seniman tari Barong yang tumbuh dan berkembang di lingkungan seni, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar-Bali. Dengan latihan-latihan yang sering diajarkan oleh ayahnya, maka I Nyoman Raos pun tumbuh mengikuti jejak sang ayah. Dari kecil hingga sekarang, I Nyoman Raos terus melakukan latihan menari. Selain pentas untuk hiburan, I NyomanRaos amat sering pentas untuk kegiatan upacara agama.


Article Details

How to Cite
Basuyoga Prabhawita, G. (2022). Kajian Etnografi Pada Seniman I Nyoman Raos di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Segara Widya : Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.31091/sw.v10i1.1929
Section
Articles

References

Dibia, I Wayan. 1999, Selayang Pandang Seni Pertunjukkan Bali, Masyarakat Seni Pertunjukkan Indonesia (MSPI), Bandung.

Hadi, Y Sumandiyo. 2006. Seni dalam Ritual Agama. Yogyakarta: Buku Pustaka

Holt, Claire. 2000. Melacak Jejak Perkembangan Seni di Indonesia. Bandung: arti. Line

Koentjaraningrat. 2007. Sejarah teori Antropologi I. Jakarta: UI Press

_____________ 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Koentjaraningrat. 1990, Sejarah Teori Antropologi II, Universitas Indonesia – Press, Jakarta.

Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana

Murgiyanto, Sal. 2002, Kritik Tari: Bekal dan Kemampuan Dasar, Masyarakat Seni Pertunjukkan Indonesia (MSPI), Bandung.

Segara, I Nyoman. 2000. Mengenal Barong dan Rangda. Surabaya : Paramita

Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi,trj.Elisabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana

Widjaja, Suasthi, N.L.N. 2002, I Made Kredek 1906-1979 (Kehidupan, Karya, dan Pemikirannya), Sebuah Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.