Kajian Permainan Tradisional Bali Untuk Membantu Pembentukan Karakter Dan Keterampilan Sosial Anak

Main Article Content

Ni Made Dian Widiastuti
Putu Sandra Devindriati Kusuma

Abstract

Permainan tradisional merupakan salah satu warisan leluhur yang banyak memiliki kontribusi dalam kehidupan. Dengan kontribusinya yang dimiliki, kenyataannya tidak sejalan dengan eksistensinya di zaman saat ini. Permainan tradisional di masyarakat perlahan mengalami kepunahan, mulai ditinggalkan dan menjadi asing di kalangan anak-anak, terutama di daerah perkotaan yang telah banyak tersentuh budaya modern. Budaya modern dengan mudah masuk dan mempengaruhi melalui media berbasis teknologi yang sedang naik daun saat ini. Asingnya permainan tradisional di mata anak-anak disebabkan oleh kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di sekolah mulai didominasi oleh kegiatan-kegiatan berbau kekinian dan terkadang tidak sesuai dengan karakter anak. Adanya perkembangan teknologi turut menjadi faktor penyebab tergerusnya permainan tradisional. Oleh sebab itu perlu adanya penggalian kembali dan mengkaji jenis-jenis permainan tradisional yang ada khususnya di Denpasar sebagai daerah perkotaan. Hasil penggalian jenis permainan tradisional ini nantinya dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran anak khususnya di Taman Kanak-Kanak sekaligus membantu pembentukan karakter dan keterampilan sosial anak yang tingkat penanamannya terbilang rendah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan observasi dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih sampel guru TK yang akan di wawancarai. Adapun jenis-jenis permainan tradisional Bali yang tumbuh dan dipopulerkan di Denpasar yaitu permainan Tok Lait Kancing, Kul Kuk, Penyu Mataluh, Meong-Meongan Kotak, dan Deduplak. Kelima permainan tersebut tidak terimplementasi seluruhnya dalam kegiatan belajar anak di Taman Kanak-Kanak. Metode mengajar permainan tradisional Bali didominasi dengan demonstrasi, bermain dan bercerita karena sesuai dengan prinsip anak usia dini yang dunianya adalah bermain.

Article Details

How to Cite
Dian Widiastuti, N. M. ., & Sandra Devindriati Kusuma, P. (2021). Kajian Permainan Tradisional Bali Untuk Membantu Pembentukan Karakter Dan Keterampilan Sosial Anak . Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(2), 98–105. https://doi.org/10.31091/sw.v9i2.1740
Section
Articles

References

Andriani, Tuti. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya. 9 (1), 121-136.

Awalludin Nugraha, Yoga, dkk. (2018). Tradisional Game on The Social Skill of Students in The Social Science Learning of Elementary School. JPE. 7 (2), 220-227.

Eka Saputra, Nofrans & Yun Nina Ekawati. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Jurnal Psikologi Jambi. 2 (2), 48-54.

Fauzi. (2016). Pembentukan Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional Cim-Ciman. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI. 11 (2), 99-109.

Kurniati, Euis. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mega Anggita, Gustiana, dkk. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE. 3 (2), 55-59.

Nur, Haerani. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter. 3 (1), 87-94.

Siska, Yulia. (2011). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Edisi Khusus. (2), 31-37.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Taro, Made. (2015). Dari Tok Pitu Sampai Tok Lait Kancing. Denpasar: Amada Press.

. (2018). Dari Ngejuk Capung Sampai Ngejuk Lindung. Denpasar. Amada Press.

. (2019). Mendongeng Sambil Bermain. Denpasar. Sanggar Kukuruyuk.

Yuli Setiawan, M.Hery. (2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (1), 1-8.

Yunus Saputra, Setiya. (2017). Permainan Tradisional Vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. ELSE. 1 (1), 85-94.

Zafirah, Afifah, dkk. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Peserta Didik Melalui Permainan Congkak Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter. 8 (1), 95-10.