Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran

Main Article Content

IDA BAGUS KETUT TRINAWINDU
Alit Kumala Dewi
Eldiana Tri Narulita

Abstract

Multimedia mengubah hakikat membaca itu sendiri, dan menjadikan kegiatan membaca itu dinamis dengan memberi dimensi baru pada kata-kata. Multimedia melakukan ini bukan hanya dengan menyediakan lebih banyak teks melainkan juga menghidupkan teks dengan menyertakan bunyi, gambar, musik, animasi dan video. Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Keunggulan bersaing suatu perusahaan adalah keunggulan dalam berkomunikasi  sehingga  masalah  dalam bersaing  sebenamya  adalah  masalah  bagaimana  cara kita berkomunikasi dengan target audien. Penerapan multimedia interaktif di kelas merupakan suatu cara untuk memudahkan bagi dosen dalam menyampaikan materi yang dibawakan  sehingga mahasiswa akan lebih jauh memahami materi yang disajikan. Dalam komunikasi dengan mahasiswa, dosen harus mempertajam pesan agar masuk dipikiran mahasiswa. Multimedia dapat membantu mempertajam pesan tersebut, karena kelebihan multimedia adalah menarik  indera  dan  menarik  minat, karena  merupakan  gabungan  antara  pikiran,  suara  dan gerakan.

Article Details

How to Cite
TRINAWINDU, I. B. K., Dewi, A. K., & Narulita, E. T. (2016). Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 19(23), 35. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/135
Section
Articles

References

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media

Grandjean E, 1988, Fitting the Task To the Man, A Texbook of occupational Ergonomic Edition London, Taylor & Fancis.

M. Suyanto, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, (Yogyakarta:Andi, 2003)

M. Suyanto, 2004. Analisis & Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Nala, 1992, Penerapan Teknologi Tepat Guna Di Pedesaan, MPH, Pusat pengabdian pada Masyarakat

Universitas Udayana , Denpasar.

Raharja, I Gede Mugi 2015, Desain Dengan Citra Simulasi, Sebuah Integrasi Teknologi Secara Estetik,

http://www.isi-dps.ac.id/artikel/desain-dengancitra-simulasi-sebuah-integrasi-teknologi-secaraestetik/

Rusman, 2005, Model-model Multimedia Interaktif Berbasis Komputer,P3MP,UPI.

Sadiman, A. S., Raharjo., Anung H., dan Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutjana, D.P. 1998. â€Peningkatan Produktivitas Kerja Penyabit Padi Menggunakan Sabit Bergerigi Dibandingkan dengan Sabit Biasa†(Tesis) Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajran. Yogyakarta: Pedagogia

Suma’mur, P.K. 1982. Ergonomi Untuk Produktivitas Kerja. Yayasan Swabhawa Karya. Jakarta.

Yudhi Munadhi, Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung Persada Press,2008),