Pengaruh Globalisasi Dan Hegemoni Pada Transformasi Musik Dol Di Kota Bengkulu

Pengaruh Globalisasi Dan Hegemoni Pada Transformasi Musik Dol Di Kota Bengkulu

Authors

  • Bambang Parmadie Universitas Bengkulu Pascasarjana Doktoral Kajian Budaya Universitas Udayana http://orcid.org/0000-0001-6009-3796
  • A.A Ngurah Anom Kumbara Pascasarjana S3 Kajian Budaya FIB Universitas Udayana
  • A.A Bagus Wirawan Pascasarjana S3 Kajian Budaya FIB Universitas Udayana
  • I Gede Arya Sugiartha Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.240

Keywords:

Transformasi, Globalisasi, Hegemoni, Musik Dol

Abstract

Transformasi memiliki arti perubahan bentuk dan secara lengkap merupakan perubahan fisik maupun nonfisik (bentuk, rupa, sifat, fungsi, dan lain-lain). Transformasi dimaksudkan baik perubahan yang masih menunjukkan benda asalnya maupun perubahan yang sudah tidak memperlihatkan kesamaan dengan benda asalnya. Arus globalisasi dan hegemoni yang terjadi pada perubahan musik Dol sebagai musikalitas ritual Tabot digunakan secara sengaja untuk hiburan, kreativitas seniman, pencitraan, pendidikan, dan pariwisata. Fenomena yang terjadi dalam waktu yang panjang dan bertahap-tahap, bersifat linier dan hierarkis, dari sakral ke sekuler atau profan (komodifikasi), dari idealisme tradisi ke idealisme industri dan pencitraan (ekonomi), dan dari tujuan ke pesanan (kreativitas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan yaitu teori hegemoni, teori budaya populer dan teori praktik sosial. Hasil penelitian pengaruh globalisasi dan hegemoni pada perubahan musik Dol dari sakral ke sekuler atau profan maupun sebaliknya yang terjadi dalam masyarakat Bengkulu menyebabkan perubahan (motivasi dan stimulasi) ini dapat diterima oleh masyarakat dan bisa menyatu dalam kehidupan bermasyarakat.  Pengaruh globalisasi dan hegemoni pada perubahan musik Dol menjadikan kesenian ini sebagai industri budaya, materi kreatifitas seniman, pariwisata, pencitraan dan inovasi pada pendidikan. Musik Dol tumbuh menjadi kebudayaan seni pertunjukan baru yang menggeser  keberadaan pesta rakyat ritual Tabot pada saat ini. Hal ini tampak jelas dalam perkembangan musik Dol semakin meluas secara kuantitas dan kreatifitas.

Transformation signifies meaningful change in form and is a complete physical and nonphysical reconfiguration (form, likeness, nature, function, etc.). Transformation is representative of both intended change that is still indicative of the origins of an object and the changes that are not indicative of showing any similarity with the object in its original form. The dynamics of globalization and hegemony that have affected change in Dol music as Tabot ritual musicality is used deliberately for entertainment, artist's creativity, imaging, education, and tourism. Long-term and gradual phenomena are linear and hierarchical, from sacred to secular or profane (commodification), from idealism to industrial idealism and imaging (economy), and from purpose to order (creativity). The method used in this research is qualitative method. The theory used to analyze the problems of hegemony theory, popular culture theory and social practice theory. The result of the research of the influence of globalization and hegemony on the musical change of Dol from sacred to secular or profane and vice versa that happened in Bengkulu society caused change (motivation and stimulation) that is accepted by society and can be instrumental in united  society life. The influence of globalization and hegemony on the change of Dol music makes this art  take form as cultural industry, artistic creativity, tourism, imaging and innovation in education. So Dol music becomes an icon of Bengkulu Province and flourishes into a new performance art culture that shifts the existence of Tabot ritual folk feast. This is evident as the development of Dol music is widespread in quantity and creativity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barker, Chris. 2005. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Bourdieu, Pierre. 2015. Arena Produksi Kultural: Sebuah Kajian Sosiologi Budaya (terjemahan). Bantul, Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 2016. Pendataan dan Analisis Kunjungan Wisatawan ke Provinsi Bengkulu.. Bengkulu: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Marsden, F.R.S. William. 2016. Sejarah Sumatera “The History of Sumateraâ€. Yogyakarta: Indoliterasi.

Merriam, Alan P. 1980. The Anthropology of Music. Evanston , Illinois: Northwestern University Press.

Mutoyib. 1994. Globalisasi Kebudayaan dan Ketahanan Ideologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Strinati, Dominic. 2007. Popular Cultural: Pengantar Menuju Budaya Populer (terjemahan). Yogyakarta: Penerbit Jejak.

Storey, John. 2004. Teori Budaya dan Budaya Pop: Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies (terjemahan). Yogyakarta: Cv. Qalam.

__________. 2010. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Tilaar, H.A.R. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan : Suatu Tinjauan Dari Perspektif Studi Kultural. Magelang : Indonesiatera.

Downloads

Published

06-02-2018

How to Cite

Parmadie, B., Kumbara, A. N. A., Wirawan, A. B., & Sugiartha, I. G. A. (2018). Pengaruh Globalisasi Dan Hegemoni Pada Transformasi Musik Dol Di Kota Bengkulu. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(1), 67–75. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.240

Issue

Section

Articles
Loading...