Tari Rejang Wastra Di Desa Demulih Kabupaten Bangli Kajian Bentuk Dan Fungsi

Main Article Content

Gusti Ayu Ketut Suandewi

Abstract

Tulisan ini adalah hasil penelitian yang di lakukan di Desa Demulih Kabupaten Bangli. Desa Demulih adalah salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Bangli yang kaya akan warisan budaya berupa tari-tarian wali yang jumlahnya kurang lebih 72 tari wali. Tari Rejang adalah sebuah tarian yang memiliki gerak-gerak tari yang sangat sederhana dan lemah gemulai. Tari Rejang Wastra adalah salah satu tari Rejang yang terdapat di Desa Demulih Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Tarian ini berkaitan erat dengan upacara atau Piodalan Karya Ngusaba Gede di Pura Pucak Demulih. Penelitian ini berparadigma tentang budaya secara realitas yg pendekatannya menekankan pada bentuk dan fungsi dari tari rejang dengan menggunakan metode kualitatif.

Article Details

How to Cite
Suandewi, G. A. K. (2016). Tari Rejang Wastra Di Desa Demulih Kabupaten Bangli Kajian Bentuk Dan Fungsi. Kalangwan : Jurnal Seni Pertunjukan, 2(2). https://doi.org/10.31091/kalangwan.v2i2.129
Section
Articles

References

Bandem, I Made,1982. Ensiklopedi Tari Bali, Akademi Seni Tari Indonesia, Denpasar. Yogyakarta.

___________________,1996. Evolusi Tari Bali, Kanisius,

Dibia, I Wayan,1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali, Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali,2005. Peta Data Kesenian di Bali, Denpasar.

Kusmayati, A.M. Hermien, 2000. Arak-arakan Seni Pertunjukan dalam Upacara Tradisional di Madura, Penerbit Yayasan Untuk Indonesia Yogyakarta.

Moleong, Lexy J, 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya Bandung.

Pariasi, Ni Made, 2004. Tari Rejang Ayunan di Desa Bantiran Kabupaten Tabanan Kajian Bentuk Fungsi dan Makna, Tesis untuk memenuhi sebagain persyaratan mencapai derajat Sarjana S2, pada Program Pasca Sarjana Universitas Hindu Indonesia Denpasar.

Prihatini, Nanik Sri, 2000. Perkembangan Kesenian Dolalak di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah Tahun 1968-1999 (sebuah Kajian Bentuk, Fungsi dan Makna), Tesis untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Sarjana (S2), pada Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Sedyawati, Edi,1981. Pertumbuhan Seni Pertunju- kan, Sinar Harapan, Jakarta.

Sudikan, Setya Yuwana, 2001. Metode Penelitian Kebudayaan, Unesa Unipress bekerja sama dengan Citra Wacana Surabaya.

Soedarsono, R M,1998. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta.

STSI,1997. Laporan Penelitian Study Tentang Tari Rejang Ayunan di Desa Bantiran Kabupatan Tabanan.